Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hoki 6 Artis Ini di Musik Religi
Oleh : Redaksi
Senin | 30-07-2012 | 11:51 WIB

JAKARTA, batamtoday - Memasuki bulan Ramadan 1433 H, industri musik kembali diramaikan dengan kemunculan lagu-lagu bernuansa Islami atau biasa disebut tembang religi. Dengan lirik sarat akan keagungan Tuhan ataupun perjalanan spiritual seorang manusia, lagu religi-religi ini bak oase di padang pasir yang menyejukkan kalbu.


Bimbo, Opick, Ungu, serta GIGI adalah empat dari sekian banyak musisi Tanah Air yang sukses melahirkan atau mengaransemen ulang tembang-tembang religi. Bimbo dengan lagu berjudul Sajadah Panjang, Opick dengan Tombo Ati, Ungu lewat lagu Dengan Nafas-Mu, dan GIGI dengan Raihlah Kemenangan.

Kini, mereka pun kembali dengan album dan single religi baru maupun yang telah diaransemen ulang. Bimbo merilis album bertajuk BIMBO & Friends – Warisan, Opick dengan Salam Ya Rosulullah, dan GIGI merilis lagu berjudul Aku dan Aku.

Selain mereka, beberapa band dan penyanyi Tanah Air lainnya juga tak ketinggalan meluncurkan tembang religi pada bulan Ramadan tahun ini. 

Siapa saja dan apa alasan mereka merilis tembang religi? Berikut daftar yang berhasil dihimpun batamtoday dari berbagai sumber, Senin(30/7/2012):

J Rock
Musik religi tak melulu harus dikemas dalam balutan pop barangkali cocok dialamatkan pada band J-Rocks. Untuk pertama kalinya, band beraliran Japanese Rock ini bakal merilis single religi bertajuk Tersesal. Meski demikian, lagu tersebut diakui sang vokalis, Iman, bukanlah lagu baru. Seperti diketahui lagu tersebut masuk dalam album Spirit yang dirilis sekitar tahun 2007 lalu.

Namun, kini, lagu Tersesal diaransemen ulang dan diberi sentuhan Arabian. Lagu Tersesal, ujar Iman, akan dimasukan dalam packaging khusus bersama dua lagu baru lainnya. “Ini berbeda dengan album J-Rocks yang lainnya. Ini memang kita keluarkan khusus untuk Ramadan dan J-Rockstar,”  katanya.
Selain berisikan lagu, packaging khusus itu juga memuat behind the scene serta video clip. Rencananya packaging tersebut akan dipasarkan ke komunitas terlebih dahulu. “Kalau memang permintaan di komunitas lebih besar lagi, maka pasti kita akan perbanyak lagi,” ujarnya.

Opick
Lewat album pertama bertajuk Istighfar yang dirilis tahun 2005 lalu, Opick sukses menginjakkan kakinya di belantika musik Tanah Air. Tak hanya itu, pemilik nama lengkap Aunur Rofiq Lil Firdaus ini juga mantap memposisikan diri sebagai penyanyi spesialis lagu religi.
Semenjak saat itu, Opick tak pernah absen meluncurkan album setiap tahun. Mulai dari album Istighfar,

Semesta Bertasbih, Ya Rahman, Cahaya Hati, Di Bawah Langit Mu, Shollu Ala Muhammad, The Best of Opick, hingga yang terbaru berjudul Salam Ya Rosulullah.

“Salam Ya Rosulullah adalah album ke delapan. Album ini berisi tujuh lagu, yang tiga lagu lama. Ada juga lagu Dealova yang dinyanyikan Once,” ujar Opick.

Pria asal Jember ini mengakui bahwa ia memang rutin membuat album setiap satu tahun sekali. Ia pun tak menampik jika album religinya sengaja dibuat bertepatan dengan Ramadan. Bercermin pada penjualan album tahun lalu, Opick optimistis Salam Ya Rosulullah juga akan meraih kesukesan. “Insya Allah akan laku.  Kalau melihat hasil penjualan tahun kemarin memang lebih banyak mendapatkan respons yang baik dari masyarakat,” katanya.

Pria yang telah melahirkan sejumlah tembang hits seperti Bila Waktu Tlah Berakhir dan Rapuh ini pun menceritakan sumber inspirasinya dalam mencipta lagu. “Inspirasi dalam lagu-lagu yang saya buat ini diambil dari kejadian atau peristiwa yang dialami, dirasakan, dan dilihat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Opick.

Bimbo
Tuhan tempat aku berteduh, di mana aku mengeluh dengan segala peluh.  Begitulah sepenggal lirik lagu berjudul Tuhan yang dibawakan dengan syahdu oleh kelompok musik legendaris Tanah Air, Bimbo. Lagu yang sarat akan pujian terhadap kebesaran Tuhan ini begitu populer di tengah masyarakat.
Kini, lagu yang diciptakan oleh Sam Bimbo tersebut kembali terdengar di sejumlah radio. Namun, kali ini, Bimbo tidak sendiri. Kelompok musik yang berdiri pada tahun 1967 itu, menggandeng penyanyi pendatang baru bernama Indah Dewi Pertiwi (IDP).

Tuhan merupakan salah satu dari sepuluh lagu yang termuat dalam album baru Bimbo berjudul BIMBO & Friends – Warisan, yang diluncurkan 4 Juli 2012 lalu. Manajer Bimbo, Nunun menuturkan alasan kelompok musik legendaris asal Bandung tersebut merilis album religi pada Ramadan tahun ini.

“Bimbo kan sudah vakum kurang lebih selama 20 tahun. Kali ini kita ada kerjasama dengan KECI Music, manajemen dari IDP. Maka dari itu kenapa nggak kita coba lagi mengeluarkan album religi ini,” ujar Nunun sambil menambahkan bahwa ada dua lagu baru di album tersebut.


GIGI
Setelah Beribadah Yok, Amnesia, dan Pemimpin Dari Surga, lagu religi terbaru GIGI kembali didapuk sebagai soundtrack serial televisi Para Pencari Tuhan. Lagu yang diberi judul Aku dan Aku itu masuk dalam album baru GIGI yang juga bertajuk sama.

Menurut sang vokalis, Armand, lirik lagu Aku dan Aku sebetulnya lebih bersifat universal. "Ceritanya sederhana tentang manusia berusaha, Tuhan yang menentukan. Setiap manusia kan sudah diatur, tapi banyak banget manusia yang suka mengatur. Lucu saja, melihat kelucuan dalam kesedihan,” ujar Armand.

Selain memuat lagu religi, album Aku dan Aku juga berisikan lagu-lagu dengan tema lain. Proses pembuatannya pun tak membutuhkan waktu yang lama. “Ini nggak album religi saja. Ini kompilasi dari lagu-lagu yang fisiknya nggak ada. Akhirnya kami gabungkan. Cuma tiga hari prosesnya, hari ke-4 langsung rekaman,” ujar personel GIGI, Dewa Budjana.

Heidy Yunus
Ingin bersyiar lewat lagu. Itulah jawaban personel Kahitna, Hedi Yunus, ketika ditanya mengenai alasannya merilis lagu-lagu religi. Hedi menuturkan, dalam membuat album religi membutuhkan tanggung jawab yang lebih besar.

“Jadi bukan semata-mata berkarya dan menyanyi tapi pencerminannya nggak ada,” kata Hedi.

Setelah merilis album religi seperti Doa dan Ramadhan Ceria, Hedi rencananya bakal meluncurkan album The Best Religi Hedi Yunus pada pekan ke-2 Ramadan tahun ini. Album tersebut, ujar pria asal Bandung ini, sudah digagas sejak dua tahun lalu. Namun karena sejumlah hal, The Best Religi Hedi Yunus baru bisa dirilis tahun 2012. “Isinya ada 15 lagu. Sebanyak 13 lagu dari lagu saya yang lama dan dua lagu baru,” ujarnya sambil berharap album religinya diterima masyarakat luas.

Melly Goeslaw
Melly sering menciptakan lagu yang hits di Tanah Air. Namun belakangan, istri Anto Hoed ini tertarik membuat lagu religi. Bahkan Melly ingin menjadi pencipta lagu spesialis religi. 

"Ada banget keinginan untuk itu (pencipta lagu religi). Tapi ternyata nggak gampang. Apalagi kalau mau pakai bahasa Arab. Ada pakemnya, nggak boleh main-main. Jadi harus belajar dulu," tutur Melly.

Mellylah yang menggarap soundtrack untuk film Di Bawah Lindungan Ka'bah yang bertema religi. Pencipta lagu hits Ayat-ayat Cinta ini perlahan ingin lebih serius dan mendalami tentang lagu-lagu religi.