Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambangi Bawaslu, Partai Gelora Batam Siap Bertanding Secara Fair
Oleh : Redaksi
Sabtu | 09-07-2022 | 10:44 WIB
A-GELORA-BAWASLU-BATAM.jpg Honda-Batam
Jajaran Pengurus DPD Partai Gelora Kota Batam menyambangi kantor Bawaslu Kota Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jajaran Pengurus DPD Partai Gelora Kota Batam menyambangi kantor Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kota Batam, Jumat (8/7/2022). Kunjungan ini dipimpin Ketua DPD Partai Gelora Kota Batam, Ir. Riki Indrakari yang juga mantan anggota DPRD Kota Batam dua periode lalu itu.

"Silaturahim ini merupakan agenda penting Partai Gelora setelah verpol dan menunjukkan kesiapan Partai Gelora berkompetisi secara fair" ujar Riki diawal pembukaan.

Hadir membersamai Riki, para pengurus dari sekretaris hingga perwakilan Ketua DPC se-Kota Batam. Mereka disambut Komisioner Bawaslu Batam, lengkap mulai dari Ketua, Syailendra Reza, Bosar Hasibuan, Helmi Rachma Yani, Priya Ribut Santosa dan Mangihut Rajagukguk.

Ketua Bawaslu Irham Syailendra Reza mengapresiasi kunjungan ini. Menurutnya, dari semua partai yang akan mengikuti Pemilu baru Partai Gelora yang bersilaturahim langsung ke Bawaslu.

"Ini sesuatu yang sangat baik, karena tidak ada penyekatan informasi, justru seharusnya setiap Partai yang bertanding bertanya dan bersilaturahim ke Bawaslu," ujar Reza.

Tanya jawab pun berlangsung cair. Pengurus Partai Gelora menghujani Komisioner Bawaslu dengan berbagai pertanyaan. Komisioner Bawaslu pun menjawab secara bergantian tata cara pengawasan Pemilu 2024 yang akan dihadapi.

Bawaslu menjadi salah satu unsur penting penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) bersama polisi dan kejaksaan jika terdapat pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu.

Ibaratnya Bawaslu adalah wasit dari pertandingan yang diselenggarakan oleh KPU ini"terang Reza. Apalagi sejak sistem pendaftaran pemilu sudah dibuat secara online dalam sistem informasi politik (Sipol). Keterbukaan informasi jadi semakin baik.

"Dengan sistem Sipol yang terintegrasi secara online Bawaslu kini juga memiliki hak mengakses info hasil pemungutan suara" beber Syailendra.

Bawaslu Kota Batam berpesan agar Partai Gelora bersegera menyelesaikan kekurangan data verifikasi parpol. Lebih cepat lebih baik guna menghindari traffik yang sangat tinggi jika menyelesaikan di akhir-akhir waktu.

"Semoga kerjasama yang baik ini akan menciptakan penyelenggaraan Pemilu yang lebih berkualitas," tutup Ketua DPD Partai Gelora.

Editor: Dardani