Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sektor Wisata Mulai Bangkit, Pemerintah Pusat Diminta Berlakukan Bebas Visa ke Bintan
Oleh : Syajarul
Minggu | 03-07-2022 | 09:32 WIB
plt_bupati_bintan_teken_mou.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pltn Bupati Bintan Roby Kurniawan (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan akan melobi pemerintah pusat agar memberlakukan Visa On Arrival (VOA) dan Bebas Visa ke Bintan.

Hal ini merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air, khususnya Bintan, Kepulauan Riau (Kepri).

Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan, pihaknya akan segera melobi pemerintah pusat untuk memberikan kemudahan keimigrasian melalui bebas visa kunjungan ke Bintan, khusus sektor pariwisata.

Menurutnya, dengan pemberlkuan VOA bagi wisatawan dari sejumlah negara, maka kunjungan wisatawan ke Bintan akan kembali meningkat.

"Apabila pemberlakuan bebas Visa on Arrival/VOA untuk negara-negara asal wisman tersebut diberlakukan maka potensi kunjungan wisatawan asing yang akan ke Bintan tentu akan naik berkisar 3 atau 4 kali lipat," sebut Roby, Sabtu (3/7/2022).

Setelah masa dua tahun pandemi, kemarin Bintan kususnya kawasan wisata kedatangan kapal pesiar perdana ke Kabupaten Bintan.

Tentu harapannya ini merupakan sebagai pintu masuk bagi pemulihan ekonomi di Bintan kedepannya.

"Kami juga kemarin berdiskusi bersama management Resorts World Cruises yang mana kita akan mencoba menginfomasikan ke pemerintah pusat untuk mempermudah bagi Visa on Arrival/VOA untuk negara-negara asal wisman tersebut," ujar Roby

Kilas di balik, di tahun 2017 silam, sekitar 198 negara bebas visa kunjungan masuk ke Bintan, Indonesia. Maka mudah-mudahan itu diharapkan bisa berlaku kembali, karena potensi kedatangan wisatawan asing ke Bintan tentu akan lebih tinggi lagi.

"Setelah kedatangan perdana Kapal Pesiar Resort World Cruises ke Bintan, maka kami berharap langkah ini juga dapat di ikuti oleh Kapal Pesiar lainnya seperti Kapal Pesiar Royal Caribean guna berkunjung wisata ke Bintan seperti tahun-tahun sebelumnya," harap Roby.

Sementara pihak pengelola PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) , telah menjalin kerjasama dengan Kapal Pesiar Resort World Cruises. Yang di tandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Sabtu (2/7/2022), diHotel Kapal Doulos Phos, Bintan Resorts, Bintan.

Dihadiri juga Management Bintan Resorts Cakrawala, Management Resorts World Cruises, Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, Kepala Dinas Pariwisata Prov Kepri, Buralimar, Kapolres Bintan, AKBP Tidar Wulung Dahono, serta jajaran terkait lainnya.

Editor: Surya