Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Daftar Motor yang Dilarang Konsumsi Pertalite
Oleh : Redaksi
Sabtu | 02-07-2022 | 18:56 WIB
spbu122.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sepeda motor dengan mesin di atas 250 cc akan dibatasi dalam penggunaan bahan bakar subsidi RON 90 atau Pertalite. Ketentuan mengenai pembatasan itu masih dipersiapkan.

Di Indonesia, sepeda motor dengan mesin di atas 250 cc cukup beragam namun umumnya berada pada segmen premium kategori Big Bike.

Seperti diliris CNNIndonesia.com, sejumlah motor dengan mesin di atas 250 cc, di antaranya CB650R, CB500X, CBR600RR, CBR1000RR, X-ADV, CRF1100L Africa Twin Adventure Sport, hingga Gold Wing.

Lalu dari Yamaha ada skutik bongsor T Max, lalu MT09, dan MT07. Sementara dari merek Kawasaki yang produknya memiliki mesin 250 cc ke atas yaitu Ninja ZX10R, Ninja H2, KX450, Versys 1000, hingga Vulcan S.

Selanjutnya BMW, semua produk roda dua yang dipasarkan punya kubikasi di atas 250 cc, begitu juga dengan Triumph. Sedangkan Suzuki saat ini tidak memiliki produk di atas 250 cc.

Pertamina menyampaikan pembelian bahan bakar bensin RON 90 Pertalite masih bisa dilakukan tanpa pembatasan melalui aplikasi, khususnya pengguna motor.

Diketahui, aplikasi ini berfungsi mengidentifikasi masyarakat dalam pembelian bahan bakar subsidi.

Menurut Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, saat ini proses uji coba pendaftaran lewat aplikasi masih hanya dilakukan untuk kendaraan roda empat ke atas seperti mobil, taksi, dan truk.

Sementara untuk roda dua dan LPG masih menunggu setelah pendaftaran BBM selesai.

"Pendaftaran untuk kendaraan roda empat, khusus yang Pertalite tanggal 1 Juli baru pendaftaran. LPG 3 kg masih pengembangan sistem. Belum ada registrasi. Belum akan kami laksanakan," kata Irto.

Ia mengatakan proses uji coba pendaftaran dijadwalkan akan berlangsung selama dua pekan. Setelahnya, akan ditelaah ulang untuk proses kebijakan selanjutnya.

"Kami coba dua pekan buat pendaftaran sambil penerapan di lapangan dan tingkat antusias masyarakat yang daftar. Ini mendukung ketepatan sasaran. Sampai sebulan nanti baru di-review," ucap dia.

PT Pertamina Patra Niaga menyatakan implementasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar menggunakan aplikasi MyPertamina di seluruh Pulau Jawa resmi dimulai 1 September 2022.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra mengataan selain Pulau Jawa, pada tanggal itu implementasi itu juga berlaku di Palu, Pontianak, dan Mataram.

Ia menjelaskan pihaknya melakukan tahap implementasi wave (gelombang) I terlebih dahulu di beberapa daerah. Lalu, dilanjutkan ke wave II yang mencakup seluruh Pulau Jawa.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha