Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sedang Perbaikan, Kapal Kayu Hangus Terbakar
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 27-07-2012 | 11:53 WIB

BATAM, batamtoday - Satu unit kapal kayu, Budi Jasa 17 hangus terbakar di pelabuhan rakyat Dapur 12, Sagulung, Jumat (27/7/2012) sekitar pukul 03.00 WIB.


Informasi yang dihimpun di lokasi, kapal kayu pengangkut barang kargo tersebut sedang dalam perbaikan atau docking. Entah kenapa, kapal tersebut tiba-tiba terbakar. Sementara, dua orang ABK yang ditugasi pemilik kapal yakni PT Budi Jasa Express untuk melakukan penjagaan kabur dari lokasi kejadian.

Menurut salah seorang warga, Mudin kapal GT 400 tersebut berada di pelabuhan Dapur 12 satu bulan terakhir. Selama dalam perbaikan, dua orang ABK selalu ada di dalam kapal. Namun, saat terbakar keduanya tiba-tiba menghilang.

"Penyebabnya tak ada yang tahu pasti, namun dua ABK yang berjaga di dalam kapal menghilang," katanya.

Sekitar pukul 03.00 WIB, saat semua warga sedang tertidur pulas tiba-tiba terdengar teriakan minta tolong. Sontak, seluruh warga yang mendengar teriakan tersebut langsung bangun dan berusaha memedamkan api.

"Banyak yang menyebutkan, dua ABK kapal itu meloncat ke laut setelah berteriak ada kebakaran," tambah Mudin.

Kapolsek Sagulung, AKP Eddy Buce di lokasi mengatakan penyebab kebakaran belum diketahui. Saat ini, pihaknya sudah mengamankan salah seorang penanggung jawab kapal bernama Hasan.

"Penyebabnya belum kita ketahui. Sementara, salah seorang pihak yang bertanggung jawab sudah kita amankan untuk dimintai keterangan," katanya.

Pantauan batamtoday di lokasi, bara api masih terus menyala di bagian depan kapal. Sementara, 90 persen badan kapal sudah hangus terbakar. Beberapa warga setempat berusaha membongkar dan mengamankan bagian kapal yang berharga.