Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Indonesia Dipercaya Jadi Tuan Rumah Ajang Miss Earth 2012
Oleh : Dodo
Jum'at | 27-07-2012 | 11:42 WIB

JAKARTA, batamtoday - Semakin maraknya isu global warming yang semakin memprihatinkan, Janji Indonesia sebagai paru-paru dunia dalam menurunkan emisi, dan semakin maraknya perusahaan dan instansi yang melakukan Go Green di Indonesia, maka Miss Indonesia Earth Foundation (Yayasan Putri Bumi Indonesia) memberanikan diri ikut tender guna memenangkan Indonesia sebagai tuan rumah ajang dunia bergengsi ini dengan tujuan tentunya mendukung gerakan nasional penurunan emisi, go green, dan stop global warming.


Indonesia untuk pertama kalinya berhasil mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah ajang dunia hingga 120 negara Miss Earth 2012 , selama 3 minggu penuh dari 7 hingga 28 Oktober.

Miss Earth akan melakukan beragam kegiatan berkaitan lingkungan hidup di sejumlah provinsi di Indonesia. Dan semua kegiatan ini akan diliput oleh media internasional. Miss Earth adalah salah satu dari 4 beauty pageants terbesar di dunia (Miss Universe, Miss Earth, Miss World, dan Miss International). 

Diantara ke 4 grandslams di atas, Miss Earth adalah satu-satunya yang berbasis Lingkungan Hidup dimana saat ini adalah isu penting dunia (Global Warming). Walaupun Miss Earth adalah yang termuda (didirikan di Philippina pada tahun 2001), namun dari jumlah anggota Miss Earth adalah ke 2 terbesar setelah Miss Universe. Dalam kegiatannya Miss Earth didukung oleh sejumlah badan internasional seperti United Nations Development Programme (UNDP) dan United Nations Environment Programme (UNEP).

Kontes itu pertama kali digelar pada 2001 lalu di Filipina. Sejak saat itu, Miss Earth menjadi salah satu kontes kecantikan internasional dengan semboyan 'Beauties for a Cause'. Ajang Miss Earth diselenggarakan untuk mempromosikan gaya hidup peduli lingkungan dan masalah-masalah lingkungan di bumi. Miss Earth menjadi pembicaraan pada tahun 2003 lalu karena salah satu kontestan yang berasal Afganistan, Vida Samadzai memakai busana renang di depan umum.

Di Indonesia sendiri, ternyata Miss Indonesia Earth sudah digelar sejak 2007 lewat Yayasan Putri Bumi Indonesia. Dari puluhan peserta yang berkompetisi, akan merebut 5 mahkota Miss Indonesia Earth, yaitu Miss Indonesia Earth (Putri Bumi Indonesia), Miss Indonesia Earth - Air (Putri Udara Indonesia),
Miss Indonesia Earth - Water (Putri Air Indonesia), Miss Indonesia Earth - Fire (Putri Api Indonesia), dan Miss Indonesia Earth - Eco-tourism (Putri Pariwisata Alam Indonesia)

Tahun ini Indonesia telah memilih Chelsy sebagai Miss Indonesia Earth 2012 yang nantinya diharapkan mampu mewakili Indonesia diajang internasional yang akan digelar di Bali pada bulan Oktober mendatang. 

Pada hari Kamis, 19 Juli 2012, Chelsy (Miss Indonesia Earth 2012) didampingi oleh Kastria S.E Hutagaol ( Miss Indonesia Earth-Air), Nadya Ayu Amanta (Miss Indonesia Earth - Water), Chintia Ratu (Miss Indonesia Earth - Eco Tourism), dan Sonya Puspita Putri (Miss Indonesia Earth - Fire) melakukan kunjungan ke pabrik kosmetik PT Immortal Cosmedika Indonesia di Cimangis Depok.

Dalam kunjungan tersebut rombongan selain diajak melihat lebih dekat proses pembuatan kosmetik yang baik, benar dan aman, juga diajak secara langsung menyaksikan demo kecantikan. Demo kecantikan yang juga disaksikan para karyawan di pabrik itu menambah antusias Chelsy (Miss Indonesia Earth 2012) beserta rombongan. 

Suasana lingkungan pabrik di tata asri dengan rimbun pepohonan yang mengelilingi lokasi pabrik. Presiden Director Immortal Cosmedika Indonesia Mintario Bonzensra menjelaskan, kehadiran Miss Indonesia Earth 2012 beserta 4 Miss Indonesia Earth lainnya adalah agar mereka yang merupakan duta bangsa dan memiliki kepedelian terhadap lingkungan tersebut dapat menyaksikan secara langsung kegiatan produksi serta lingkungan kerja di PT Immortal Cosmedika Indonesia yang merupakan perusahaan kosmetik yang pertama dan saat ini satu-satunya yang mendapatkan pengakuan Cosmetic GMP atau ISO 22716:2007.

Terkait dengan kegiatan kemanusiaan khususnya terhadap lingkungan yang dikelola oleh yayasan Putri Bumi melalui pemilihan Miss Indonesia Earth 2012, Presiden Direktur Immortal menjelaskan bahwa, Immortal mendukung secara penuh kegiatan ini dikarenakan perusahaan memiliki komitmen tinggi
guna dapat berpartisipasi secara nyata dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.

"Duta bangsa tersebut diharapkan mampu memberikan inspirasi dan suri tauladan bagi kita dan masyarakat Indonesia maupun dunia dan mampu mempromosikan kegiatan yang ramah lingkungan secara umum dan konservasi bumi kita yang hanya satu ini," ujar Mintario.

Lebih jauh Mintario menjelaskan bahwa, perusahaan telah memulai secara bertahap dengan mengubah berbagai bahan  pembentuk wadah atau kemasan produk kosmetik dari Immortal menjadi yang lebih ramah lingkungan. Miss Indonesia Earth 2012 atau duta bangsa terpilih pada hari ini telah diajak untuk lebih dekat dalam proses pembuatan kosmetika yang baik dan benar agar dihasilkan produk-produk berkualitas tinggi dan terlebih lagi diharapkan mampu terciptanya penghargaan bagi karya anak bangsa yang tidak kalah dari bangsa lain. Diharapkan dengan proses yang benar dan tetap memperhatikan kualitas serta lingkungan, diharapkan kita mau mencintai produk dalam negeri serta memakainya dengan landasan kepercayaan yang tinggi akan bahan baku yang baik, proses GMP yang selaras dan hasil akhir berupa produk kosmetika yang efektif dan aman.