Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemko Tanjungpinang Siap Sukseskan Pemilu 2024
Oleh : Devi Handiani
Selasa | 21-06-2022 | 18:14 WIB
rahma-tpi12.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Hj Rahma menerima kunjungan KPU Tanjungpinang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menerima kunjungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang, Selasa (21/6/2022).

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution yang datang bersama anggotanya didampingi Sekretaris KPUD Kota Tanjungpinang, Abdul Basyid.

Kedatangan mereka ke pemerintah kota Tanjungpinang dalam rangka sosialisasi tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan 14 Februari 2024 mendatang.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan ketua dan angggota KPU ke pemko Tanjungpinang. Dalam setiap tahapannya nanti, tentunya pemko siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024.

"Kita siap menyukseskan pesta demokrasi 2024 mendatang agar berjalan dengan lancar, damai, dan aman," ucap Rahma.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution menjelaskan tahapan pemilu serentak 2024 sudah dimulai 14 Juni 2022 kemarin. Di tahun ini, ada tiga tahapan besar yang akan dilaksanakan KPU.

Pertama pendaftaran dan pemuktahiran, serta verifikasi partai politik (parpol) sebagai peserta pemilu yang dimulai 29 Juli dan berakhir 13 Desember 2022. Pada 14 Desember 2022, KPU RI akan menetapkan parpol sebagai peserta pemilu.

Tahapan kedua, pada Oktober 2022 akan dilaksanakan penetapan jumlah kursi dan pendataan Daerah Pemilihan (dapil) Kota Tanjungpinang.

"Tahapan ketiga itu, pembentukan Ad Hoc yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dimulai Oktober dan akan selesai di Januari, di lantik," terangnya.

Ia berharap kepada semua pihak dapat menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang

"Harapan kita, semua pihak bisa mendukung proses pelaksanaan pemilu sehingga terlaksana dengan baik dan lancar. Tidak ada lagi hal-hal yang terjadi seperti 2019 lalu," ucapnya.

Editor: Yudha