Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspadai Kriminalitas di Bulan Ramadhan
Oleh : Harjo/Dodo
Selasa | 24-07-2012 | 13:31 WIB
kapolres-bintan.gif Honda-Batam
Kapolres Bintan AKBP Octo Budhi Prasetyo.

TANJUNGUBAN, batamtoday – Kapolres Bintan AKBP Octo Budhi Prasetyo, mengatakan pengamanan bulan Ramadhan 1433 Hijriah akan ditingkatkan dengan menggelar patroli di sejumlah tempat yang dianggap rawan aksi kriminalitas.


Patroli akan dilakukan pada saat umat muslim menjalankan ibadah, pada malam hari. 

“Rawan pencurian biasanya pada saat umat muslim sednag menjalankan ibadah tarawih, karena biasanya pemilik rumah meninggalkan rumahnya,” ujarnya, Selasa (24/7/2012). 

Dikatakan Octo, dengan adanya rumah yang sering ditinggalkan oleh pemiliknya maka secara otomatis tingkat pencurian akan sering terjadi. Masyarakat dihimbau untuk melakukan antisipasi terkait dengan rawannya tingkat pencurian dan kriminal di saat bulan Ramadhan. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kasat Lantas Polres Bintan AKP Kurniawan Ismail. Satlantas juga meningkatkan patroli di jalan, terutama tempat yang ramai dikunjungi oleh masyarakat seperti pasar kaget. 

“Kalau bulan puasa biasanya tempat yang rawan kecelakaan di tampat berkumpulnya masyarakat, karena seperti di wilayah Tanjunguban, masyarakat datang dari seluruh penjuru Bintan Utara. Secara otomatis di tempat tersebut akan menjadi rawan kecelakaan,” katanya.

Dalam kondisi seprti itu juga, kata Kurniawan, tingkat pelanggaran lalulintas juga akan semakin meningkat. 

“Ada kesan dimana tempat ramai, maka warga akan semakin ramai mengunjungi tempat tersebut. Padahal di tempat lain juga, pasar kaget sudah ada dengan makanan khas untuk berbuka puasa yang tidak kalah menariknya,” katanya.