Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RA Kosasih, Bapak Komik Indonesia Tutup Usia
Oleh : Redaksi/Suara Merdeka
Selasa | 24-07-2012 | 12:57 WIB
ra kosasih.jpg Honda-Batam
RA Kosasih. (Foto: Tempo)

JAKARTA, batamtoday - Indonesia kembali berduka, salah satu putra terbaik bangsa ini meninggal dunia. RA Kosasih wafat di usia 93 tahun, Selasa (24/7/2012) pukul 01.00 WIB karena sakit.


Jenazah Bapak Komik Indonesia ini disemayamkan di kediamannya, Jalan Cempaka Putih III Nomor 2 Rempoa, Ciputat, Jakarta Selatan.

Kosasih mulai membuat komik pada 1953 di penerbit Melodi Bandung lalu berhenti pada 1993. Namun karya-karyanya yang terkenal diterbitkan oleh Maranatha. Akhir-akhir ini pada dasawarsa tahun 1990-an karya-karyanya diterbitkan ulang oleh Elex Media Komputindo dan penerbit Paramita di Surabaya.

Karya almarhum yang fenomenal yaitu: Sri Asih, Mahabharata dan Ramayana. Berdasarkan catatan yang dilansir Wikipedia, karya Kosasih banyak berhubungan dengan kesusastraan Hindu dan sastra tradisional Indonesia, terutama dari sastra Jawa dan Sunda. 

Jenazah Kosasih disemayamkan di kediamannya, Jalan Cempaka Putih III Nomor 2 Rempoa, Ciputat, Jakarta Selatan. Rencananya almarhum dimakamkan Selasa siang di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.