Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pos Ukur Ulang di Pasar Aviari

Untungkan Pembeli, Rugikan Pedagang
Oleh : Gokli/Dodo
Selasa | 24-07-2012 | 12:53 WIB

BATAM, batamtoday - Keberadaan Pos Ukur Ulang di Pasar Aviari dan Sagulung sangat menguntungkan para pembeli. Pasalnya, dengan adanya pengukaran stabil tersebut, para pembeli tidak dirugikan lagi oleh oknum pedagang nakal yang mempermainkan timbangan. Namun, di lain pihak beberapa pedagang berharap supaya Pos Ukur Ulang tersebut cepat rusak.


Pantauan batamtoday di pasar Sagulung dan Aviari, Selasa (24/7/2012) siang, kedua pasar tersebut ramai dikunjungi para pembeli. Selain membeli beberapa kebutuhan sehari-hari, para pembeli itu juga ingin mencoba Pos Ukur Ulang tersebut.

Salah seorang pembeli di Pasar Aviari, Sunarti mengatakan keberadaan Pos Ukur Ulang tersebut sangat membantu. Karena, semua barang belian yang merasa disangsikan ukurannya dapat diukur ulang timbangannya.

"Sangat membantu, kita tak lagi tertipu timbangan," sebutnya.

Ironisnya, seorang pedagang yang namanya tak mau disebut berharap supaya Pos Ukur Ulang tersebut cepat rusak. Pasalnya, harga kebutuhan yang semakin mahal membuat para pedangang tak tega untuk mengambil keuntungan dengan cara menaikkan harga. Hal ini membuat mereka memutar otak untuk sedikit memainkan timbangan barang jualan.

"Harga sudah mahal, tak mungkin lagi kami ambil keuntungan dengan menaikkan harga. Cara satu-satunya yang saya lakukan dengan mengurangi sedikit timbangan barang jualan sekitar satu ons per kilonya," papar pria bertubuh kurus tersebut.

"Kalau saya mau jujur masalah timbangan, otomatis harga yang akan saya tekan. Tapi, kalau harga sudah mahal, siapa lagi yang mau beli. Makanya saya buat harga normal, tapi ukuran sedikit miring," tambah pedagang yang berharap Pos Ukur Ulang tersebut cepat rusak.