Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tidak Ada Upaya Penyeimbang

Harga Sembilan Bahan Pokok di Tanjungpinang Melambung
Oleh : Charles/Dodo
Senin | 23-07-2012 | 19:01 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Kendati melakukan sidak pasar atas membubungnya harga sembilan bahan pokok di Kota Tanjungpinang, Pemerintah kota Tanjungpinang, hingga saat ini belum melakukan operasi pasar sebegai penyeimbang kenaikan harga. Namun sebaliknya, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian hanya menggelar Bazaar Ramadhan di Lapangan Pamedan Tanjungpinang.


Wali Kota Tanjungpinang, Suryatati A Manan mengatakan, pihaknya masih akan terus melakukan pemantuan harga sembilan bahan pokok di sejumlah pasar di Tanjungpinang. Hal itu dikatakan Suryatati dalam sidak harga pasar, Senin (23/7/2012).  

Sidak yang dilaksanakan Wali Kota bersama unsur Muspida ini, pertama melakukan peninjuan harga sembako di Pasar Baru Kota Tanjungpinang dan Pasar Pagi Bintan Center. Dalam kunjungannya, sejumlah pedagang mengakui kalau sembilan bahan pokok di Tanjungpinang telah mengalami kenaikan harga.

"Harga telor yang biasanya Rp1.000/butir menjadi Rp1.200/butir, bawang putih Rp15.000/kg menjadi Rp20.000/kg, sayur bayam dan kangkung juga sudah mengalami kenaikan dari Rp3.000/kg menjadi Rp10.000/kg," kata salah seorang pedagang di Pasar Baru Tanjungpinang.  

Para penjual juga mengeluhkan, adanya kenaikan harga sayur dikarenakan buruknya cuaca, hingga panen sayur menjadi terganggu sementara stok tidak ada.

Kenaikan harga juga terjadi pada daging sapi, dari Rp90.000/kg sebelumnya menjadi Rp95.000/kg saat ini. Demikian juga harga beras merk Gajah, dari harga Rp195.000/25 kg sebelum Ramadhan menjadi Rp243.000/25 kg. Beras sendiri, dikatakan pedangang didatangkan langsung dari agen di Tanjungpinang.

Sedangkan daging ayam kampung, hingga saat ini belum mengalami kenaikan dan masih tetap dengan harga normal. 

“Bisanya kalau daging didatangkan langsung dari Jambi, Padang dan Lampung,” ujar Ade, penjual daging. 

Kenaikan harga sejumlah bahan pokok pada Ramadhan 2012 ini, juga terjadi di Pasar Pagi Bintan Center, seperti sayur bayam dan kangkung. Namun sebaliknya, harga ikan tongkol di pasar tersebut justru mengalami penurunan dari Rp22.000/kg menjadi Rp15.000/kg. Hal ini dikatakan pedagang akibat stok ikan masih banyak.  

Di akhir kunjungannya, Pemerintah Kota Tanjungpinang juga menyimpulkan, kalau saat ini rata-rata harga sembilan bahan pokok mengalami kenaikan. Penyebabnya dikarenakan para pemasok barang sudah menaikkan harga telebih dahulu, sehingga para penjual sembako yang ada di Pasar Baru dan Bintan Center turut serta ikut menaikkan harga dengan alasan agar tidak merugi.