Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Stok Daging Ayam dan Sapi di Batam Masih Cukup
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Senin | 23-07-2012 | 16:51 WIB

BATAM, batamtoday - Bulan puasa dan lebaran kebutuhan masyarakat akan daging sapi dan ayam akan meningkat. Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian, dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam memastikan stoknya masih cukup.


Dijelaskan Sri Yunelli, Kepala Bidang Peternakan Dinas KP2K bahwa sebelum puasa pihaknya telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap stok daging. Hasilnya masih bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Stok daging masih aman," ujar Sri kepada wartawan, Senin (23/7/2012).

Dijelaskannya, berdasarkan data yang dimiliki KP2K, total kebutuhan daging sapi di Kota Batam berkisar 7.700 ton per tahun atau sekitar 21,09 ton per hari. Menjelang ramadhan dan Lebaran, konsumsi daging akan meningkat sekitar 10 persen. Sedangkan kebutuhan daging ayam dalam setahun mencapai 18.774 ton atau 51,4 ton per hari.

"Kalau kebutuhan daging sapi, 90 persen terpenuhi dari daging beku impor dan sisanya 10 persen daging segar. Kalau kebutuhan ayam, 70 persen sudah kita pasok dari lokal berupa ayam segar. Hanya sekitar 30 persen yang berupa ayam beku dari Jawa dan Medan," terang Sri.

Akan tetapi, diakuinya untuk harga daging sulit untuk dikontrol sebab harus mengikuti mekanisme pasar. Dan biasanya harga akan mengalami kenaikan beberapa hari menjelang puasa maupun lebaran karena permintaan akan semakin meningkat dibanding hari biasa.

"Tren kenaikannya tidak terlalu besar yaitu Rp5 ribu per kilogram. Hasil sidak harga ayam beku rata-rata Rp28 ribu per kilo, sementara ayam segar Rp30 ribu. Sedangkan Untuk daging sapi segar rata-rata Rp90 ribu dan daging beku Rp 65 ribu per kilogram," ujarnya.