Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Berkendara Motor Aman dan Nyaman Saat Puasa
Oleh : Redaksi
Kamis | 07-04-2022 | 09:40 WIB
ilustrasi-berkendara1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pembatasan Covid-19 sudah longgar dan kini kegiatan masyarakat semakin mendekati normal termasuk berkendara sepeda motor. Aktivitas makin menantang pada bulan ini karena masuk masa puasa, sebab itu penting memahami kiat-kiat berkendara efektif.

Pada intinya, pengendara mesti punya rencana perjalanan dan seharusnya bisa mengendalikan diri selama berkendara.

Berikut tips berkendara aman dan nyaman selama puasa yang diberikan Astra Honda Motor:

1. Istirahat cukup
Mengantuk saat berkendara berisiko micro sleep berujung kecelakaan. Pastikan Anda cukup tidur selama bulan puasa lantaran mungkin berkurang karena aktivitas sahur.

Jika Anda sempat merasa mengantuk atau bermasalah kesehatan selama berkendara, lebih baik menepi untuk istirahat sejenak.

2. Makan minum berkualitas
Berkendara butuh energi besar, sebab itu siapkan diri Anda dengan sahur berkualitas. Pilih makanan bernutrisi tinggi dan jangan lupa banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Siapkan juga jaket, helm, sarung tangan, masker, serta perlengkapan berkendara lainnya. Selain itu pastikan surat-surat lengkap biar tak menimbulkan masalah tilang di jalan.

3. Rute perjalanan
Sebelum berangkat Anda semestinya menentukan rute terbaik, hal ini bisa dilakukan dengan mengecek aplikasi penunjuk jalan.

Anda direkomendasikan tidak melihat aplikasi penunjuk jalan di ponsel saat berkendara. Solusi hal ini bisa dengan mengaktifkan fitur suara aplikasi.

Jika ingin melihat ponsel untuk mengecek aplikasi, pastikan Anda berhenti di tempat aman.

4. Berpikir positif
Jalanan adalah tempat banyak hal terjadi dan sebagian besar tidak bisa Anda kendalikan. Satu hal yang bisa Anda kendalikan adalah diri sendiri.

Penting selalu menetapkan diri berpikir positif dan memberi toleransi terhadap situasi jalan dan pengendara lain. Mudah terpancing emosi atas hal tidak penting bisa menguras energi, selain itu dapat mengganggu ibadah.

5. Patuhi peraturan
Berkendara saat puasa sebaiknya tidak dijadikan alasan melanggar peraturan, seperti malas menunggu di lampu merah atau ambil jalan pintas berkendara lawan arah. Peraturan berlalu lintas adalah kesepakatan bersama yang jika dilanggar berarti merugikan orang lain.

6. Teknik tepat berkendara
Anda sepatutnya mengenali lebih dulu seluk beluk motor yang akan dikendarai sebelum memulai perjalanan. Setelah itu Anda bisa menerapkan teknik berkendara yang dapat dimulai dari sikap berkendara seperti posisi duduk, tangan, dan kaki.

Selain itu Anda juga perlu mengerti fitur-fitur yang dimiliki motor agar bisa dimanfaatkan untuk menunjang keselamatan.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha