Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sambut Puasa, Warga Kampar Gelar Balimau Kasai di Tanjung Pinggir
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 20-07-2012 | 16:58 WIB

BATAM, batamtoday - Sehari menjelang puasa, ratusan masyarakat Kabupaten Kampar, Riau yang ada di Batam menggelar tradisi Balimau Kasai atau mandi jeruk purut di Pantai Tanjung Pinggir, Sekupang pada Sabtu (20/7/2012) siang.


Pantauan batamtoday di pantai Tanjung Pingir, terlihat warga yang berasal dari Kampar satu persatu disiram dengan ramuan campuran beras kencur, jeruk purut tersebut. Selepas itu mereka mandi ke air laut.

Muhammad Nardi, Ketua Ikatan Keluarga Kampar Kota Batam menjelaskan bahwa Balimau Kasai merupakan tradisi dari zaman nenek moyang warga Kampar yang dilakukan menjelang bulan Ramadhan.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kegembiraan masyarakat Kampar menyambut bulan Ramadhan," ujar Nardi di sela-sela menyiram jerut purut.

Selain itu secara piosofis diyakini setelah melakukan Balimau Kasai dapat membersihkan atau menyucikan secara lahir dan bathin sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dengan hikmad.

"Sudah siap menjalan bulan Ramadhan, telah suci secara lahir dan Bathin," terangnya.

Selain mandi jeruk purut, juga diberikan santunan kepada fakir miskin dan yatim piatu yang berasal dari warga Kampar yang ada di Batam. Dana santunan berasal dari seluruh tokoh Kampar yang ada di Batam.