Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Daging Normal, Cabe Turun
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 20-07-2012 | 12:09 WIB

BATAM, batamtoday - Menjelang puasa, harga ayam potong dan daging sapi tidak mengalami kenaikan harga. Bahkan harga cabe merah mengalami penurunan sehari sebelum umat Muslim menjalankan ibadah puasa, Jumat (20/7/2012) di Pasar Tiban Centre.


Di kios Anak Jati, daging sapi beku dari Australia dijual dengan harga Rp60 ribu per kilogramnya. Sementara ayam yang diambil dari Medan dan Jakarta dihargai Rp28 ribu per kilogram.

"Harga ini masih normal seperti biasa, tak ada kenaikan harga," kata Upik, pedagang di pasar tersebut.

Dia menjelaskan, sehari menjelang puasa terjadi peningkatan pembelian daging dibanding hari biasanya. Akan tetapi tidak terlalu signifikan. Dibandingkan dengan puasa tahun lalu, daging bisa habis dua kotak 50 kiloan, ayam 7 karung 20 kilo dalam sehari.

"Tahun ini tak habis segitu kayaknya," ujarnya.

Selain itu, di kios Putra Melayu, Rudi mengatakan harga daging sapi beku asal Australia dijual Rp55 ribu, ayam Rp28 ribu, sementara daging sapi segar Rp80-90 ribu per kilogram.

"Jelang puasa harga daging masih normal. Biasanya akan mengalami kenaikan menjelan lebaran," ungkap Rahmat.

Sementara, pantauan di kios yang menjual sayur mayur, bahwa harga cabe mengalami penurunan sejak hari ini, kemarin harganya masih Rp32 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram.

"Cabe malah turun harganya hari ini.  Untuk jumlah pembeli masih normal saja," terang Agus.