Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berpulang, Tak Ada Musisi Sehebat Jon Lord
Oleh : Redaksi/Kapanlagi.com
Kamis | 19-07-2012 | 16:48 WIB
jon_lord.jpg Honda-Batam
Mendiang Jon Lord.

SAN FRANSISCO, batamtoday - Para insan musik dunia tengah berkabung dengan meninggalnya sang maestro sekaligus pendiri Deep Purple. Bagi para musisi, karya Jon sangat menginspirasi dan menjadi salah satu tonggak sejarah musik rock.


Drummer Metallica, Lars Ulirch mengaku sangat bersedih dengan kepergian Jon untuk selama-lamanya. Menurut Lars, tak ada musisi yang sehebat Jon dalam sejarah hard rock.

Hal ini mengingatkan Lars ketika dia pertama kali mengenal karya Jon Lord bersama Deep Purple. Di usianya yang masih muda Lars pun melihat konser Deep Purple. Konser inilah yang membuat dia jatuh hati kepada band tersebut.

"Masih ingat di tahun 1973, sejak Ayahku mengajak untuk melihat penampilan mereka di Copenhagen. Deep Purple adalah band yang menarik perhatian serta menjadi inspirasiku. Deep Purple sangat berbeda dengan band lainnya pada masa itu, terutama dengan permainan keyboard dari Jon Lord," ujarnya seperti dikutip dari Loudwire.

Lars menambahkan jika saat itu tak ada keyboardis yang bermain seperti Jon Lord. Bahkan menurutnya hingga saat ini Jon Lord tak ada tandingannya karena bisa menggabungkan unsur musik klasik dengan rock.

"Tak ada kata yang cocok, selain mengatakan bahwa tak ada musisi seperti Jon Lord. Tak ada yang bermain sepertinya, tak ada yang bisa menciptakan sound sepertinya, dan tak ada yang menulis lagu sebagus dia. Jon Lord adalah keyboardis hard rock asli dan unik yang pernah ada di bumi," tukasnya.