Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rudenim Tak Koordinasi dengan Polri Cari Imigran yang Kabur
Oleh : Agus/Dodo
Rabu | 18-07-2012 | 18:43 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Rumuah Detensi Imgersai (Rudenim) Tanjungpinang tidak meminta bantuan Polri atau berkoordinasi dalam menangkap para imigran yang kabur dari penampungan.


Kapolsek Bukit Bestari Kompol Budhi Rahayadi mengakui, kalau pihaknya tidak diminta dan tidak diberitahu soal adanya imigran yang kabur dari Rudenim Tanjungpinang.

"Tidak ada info pemeritahuan dan permintaan bantuan menangkap WNA, saya saja baru tahu dari media kalau ada tahanan yang kabur, walau saya tahu ini wilayah saya," kata Budhi, Rabu (18/7/2012).

Budhi juga menambahkan seharunya pihak Rudenim Tanjungpinang dapat memberikan informasi kepada pihak Polres dan Polsek agar dapat membantu memburu dan menangkap para WNA yang kabur agar adanya kerjasam antar instansi.

Di tempat terpisah tiga Kapolsek di Tanjungpinang masing-masing Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Andy Rahmansyah, Kapolsek Tanjungpinang Barat AKP Leksan dan Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Dandung Putut WB juga mengakui hal yang serupa mengenai tidak adanya informasi maupun koordinasi yang masuk dari pihak Rudenim.

Di tempat terpisah, Kepala Rudenim Tanjungpinang, Yunus Junaid malah membantah kalau pihaknya tidak ada koordinasi dengan pihak kepolisian.

"Sejak dari awal imigran kaburm kami selalu memberi informasi kepada pihak Polisi. Tapi sudahlah, kami sedang fokus pencarian tahanan yang kabur," kata Yunus.

Hingga hari ini, tercatat sudah 20 orang yang berhasil ditangkap dan dimasukan kembali ke Rudenim Tanjungpinang. Sementara 30 orang lainnya masih berkeliaran dan Yunus optimis dapat menangkapnya selama masih berada di area Tanjungpinang.