Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bangkitkan Sektor Pariwisata, Pemprov Kepri Bantu Pembangunan Infrastruktur Pendukung
Oleh : Aldy
Sabtu | 05-03-2022 | 17:12 WIB
sektor-wisata.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, usai menyerahkan bantuan masjid dan yayasan untuk Kota Batam di Masjid Bukit Indah Sukajadi, Jumat (4/3/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Ansar Ahmad menyampaikan, Pemprov Kepri bakal membantu kabupaten/kota untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata.

Pemprov Kepri, kata Gubernur Ansar, akan membantu pembangunan infrastruktur pendukung di semua daerah se-Kepri. Sebab, sejumlah kabupaten/kota telah memulai, hanya saja masih belum sempurna dan butuh dukungan untuk merampungkan pembangunan itu.

"Selain dari APBD Kepri, kita akan perbanyak dana insentif daerah (DID), untuk mendukung program ini. Yang bisa kita bangun dengan anggaran kita, akan kita bangun dan selesaikan, jika belum mencukupi kita akan kejar ke Pemerintah Pusat," ungkap Ansar Ahmad, usai menyerahkan bantuan masjid dan yayasan untuk Kota Batam di Masjid Bukit Indah Sukajadi, Jumat (4/3/2022).

Gubernur mencontohkan, pembangunan destinasi wisata di Pulau Penyengat, anggaran yang baru terealisasi sebanyak Rp 30 miliar. Padahal, untuk menyelesaikan pembangunan destinasi wisata tersebut, membutuhkan anggaran sebesar Rp 120 miliar.

Selain itu, Kampung Otak-otak di Kawasan Kijang Bintan, juga butuh Rp 30 miliar untuk menata kawasan tersebut hingga betul-betul menjadi sempurna sebagai kampung wisata. "Untuk merealisasikan pembangunan daerah wisata tersebut, kita harus memperbanyak DID, sehingga Pemerintah Pusat juga bisa lebih gampang untuk mencairkan dana, untuk di Pulau Penyengat itu DID lama yang kita cairkan," jelasnya.

Kemudian sambung Gubernur, pembangunan daerah wisata di Kabupaten Karimun juga perlu digesa, selain memeliiki pantai yang indah, Karimun juga akan dilengkapi wisata alam dengan mini zoo, sehingga menjadi desa wisata yang bagus.

"Kita akan mendesain desa wisata yang indah di sana, jalan yang terkoneksi harus bagus, di Kawasan Kundur ada pantai yang indah, di daerah lain di Karimun juga akan kita lengkapi destinasi wisatanya, sehingga terlihat desa wisata yang istimewa," katanya.

Lanjutnya, pembangunan destinasi wisata tidak hanya dipusatkan di Batam, Bintan dan Karimun, akan tetapi di semua kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri akan diselaraskan pembangunannya. Hal ini, diyakini bisa membantu perekonomian masyarakat, baik pelaku usaha pariwisata maupun masyarakat yang tinggal di daerah wisata tersebut.

"Semua daerah di Provinsi Kepri akan kita buat destinasi wisata sesuai dengan ciri khas daerahnya, ini akan membangkitkan perekonomian, termasuk masyarakat yang tinggal di daerah wisata tersebut," tandas Gubernur Ansar Ahmad.

Editor: Gokli