Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Produk Impor asal Cina Lebih Murah 30 Persen
Oleh : Ocep/Dodo
Selasa | 17-07-2012 | 17:17 WIB

BATAM, batamtoday - Produk-produk impor asal Cina, khususnya di sektor safety marine, yang selama ini masuk ke Indonesia melalui Batam lebih murah 30 persen dibandingkan produk dalam negeri.


Hal itu diungkapkan Nana Saragih, Direktur PT Citra Karya Gemilang, yang menjadi salah satu peserta dalam Sosialisasi Tindakan Pengamanan (safeguards) yang diadakan Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) di Hotel Novotel, Selasa (17/7/2012).

Pada kesempatan itu dia mengakui, selama ini perusahaannya memilih memasok produk impor karena memiliki harga yang jauh lebih murah.

“Selisih harga antara produk dalam negeri dengan produk impor sampai 30 persen,” ujarnya.

Selisih harga itu sudah dipotong bea impor dan pungutan lainnya yang dikenakan saat masuk ke Indonesia.

Dia mengungkapkan, selama ini produk-produk safety marine, yang dipasok perusahaannya, hampir seluruhnya didatangkan dari Cina karena sulitnya mendapat suplai dari produk dalam negeri.

“Bagaimana tidak, untuk produk pelampung awak kapal saja susah masuk ke Batam,” ketusnya.

Produk-produk safety marine buatan dalam negeri kalah dalam apsek harga, sertifikasi dan kecepatan pengiriman.

Malah produk-produk impor tersebut memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari produk dalam negeri.

Apalagi di Singapura saja misalnya, produk impor asal Cina boleh dilabelisasi produk dengan merk apapun dengan harga hanya Sin$1 per satu produk.

Tidak heran jika pembeli lebih memilih produk impor ketimbang produk domestik dan mengakibatkan produk domestik kesulitan bersaing di pasaran.