Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 Cara Merawat Mobil Mesin Turbo
Oleh : Redaksi
Sabtu | 26-02-2022 | 14:21 WIB
mesin-turbo1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Teknologi turbo pada mesin mobil penumpang saat ini semakin populer di Indonesia dan pilihannya kian ramai. Meski begitu ada salah satu kekhawatiran soal mesin turbo yaitu perawatannya merepotkan, yang itu tidak sepenuhnya benar.

Salah satu merek yang menjual mobil turbo di dalam negeri, DFSK, menjelaskan tiga cara merawat yang dapat Anda terapkan pada mobil mesin turbo.

1. Rutin periksa dan ganti oli mesin
Oli mesin memegang peranan penting karena memiliki fungsi melindungi internal mesin dari keausan akibat gesekan komponen yang bergerak, membantu menjaga suhu mobil, hingga membersihkan sejumlah kerak-kerak yang ada.

Konsumen bisa memeriksa volume oli mesin dan kualitasnya menggunakan dipstick.

Apabila volume oli sudah berkurang atau kondisinya keruh, bisa datang ke bengkel terpercaya untuk melakukan pergantian oli mesin.

Melakukan perawatan berkala dan pergantian oli mesin di bengkel resmi akan mendapatkan jaminan spesifikasi oli sesuai rekomendasi pabrikan dan pemeriksaan kendaraan yang menyeluruh secara akurat.

2. Gunakan bahan bakar tepat
Agar mesin bisa melakukan pembakaran optimal maka perlu menggunakan bahan bakar tepat sesuai rekomendasi pabrikan. Kendaraan mesin turbo membutuhkan bensin dengan minimal RON 92.

Penggunaan bensin yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan akan membantu sistem pembakaran bekerja sempurna. Terutama bagi mobil mesin turbo yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil bekerja pada level tertinggi.

3. Rutin bersihkan saringan udara
Kunci dari proses kerja turbo adalah udara yang masuk ke dalam turbin. Hal itu membuat pemilik kendaraan sebaiknya rutin membersihkan saringan udara.

Jika sampai saringan udara kotor maka maka kinerja turbo memanfaatkan udara akan menjadi tak maksimal.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha