Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua MA Lantik Ketua Pengadilan Tinggi Tipikor Pekanbaru
Oleh : surya
Jum'at | 13-07-2012 | 19:22 WIB
hatta_ali2.jpg Honda-Batam

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali

JAKARTA, batamtoday - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali melantik dan mengambil sumpah jabatan 18 ketua pengadilan tinggi yang terdiri atas 10 ketua pengadilan tinggi/tindak pidana korupsi dan delapan ketua pengadilan tinggi agama.


Dari 18 ketua pengadilan tinggi yang dilantik itu, terdapat nama Nommy HT Sihahaan yang dilantik sebagai Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Tipikor Pekanbaru.

"Pelantikan ini bukan sekadar acara seremonial, namun sebuah pengukuhan akan tugas dan amanat yang dipercayakan dengan penuh tanggung jawab, integritas, dan profesional," kata Hatta Ali saat pidato pelantikan di Jakarta, Jumat (13/7/2012).

Menurut Hatta, tugas yang diemban oleh ketua pengadilan tinggi selaku ketua peradilan tingkat banding semakin berat dan harus dilaksanakan sesuai dengan sumpah yang baru diucapkan.

Ketua MA ini mengingatkan bahwa dalam Rakernas 2011 pengadilan tingkat banding berfungsi sebagai kawal depan MA, yakni menjalankan fungsi pengawasan dan pembinaan.

"Hal ini disebabkan pengawasan dan pembinaan terhadap seluruh hakim, staf, dan karyawan di lingkungan MA mencapai 35.673 orang dan 823 satuan kerja tidak mungkin dapat dilaksanakan MA sendiri.

Oleh karena itu "setiap pengadilan tingkat banding harus melakukan pengawasan dan pembinaan dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada badan peradilan," demikian Hatta.

Adapun ketua pengadilan tinggi tipikor dan pengadilan tinggi agama yang dilantik selengkapnya, yakni : Mabruq Mur sebagai ketua PT/Tipikor Banding Jayapura, Sabirin Janah sebagai ketua PT/Tipikor Banding Padang, Anasroel Haroen sebagai ketua PT/Tipikor Banding Maluku Utara, I Made Ariwangsa sebagai ketua PT/Tipikor Banding Pontianak.

Lalu, Dam Dam Bachtiar sebagai ketua PT/Tipikor Banding Gorontalo, A TH Pudjiwahono sebagai ketua PT/Tipikor Banding Banten, Andarias Kadang Paruasan sebagai ketua PT/Tipikor Banding Kupang, Moerino sebagai ketua PT/Tipikor Banding Bangka Belitung, Gimin Aris Wardjojo sebagai ketua PT/Tipikor Banding Kendari dan Nommy HT Siahaan sebagai ketua PT/Tipikor Banding Pekanbaru.

Sementara Chatib Rasyid sebagai ketua PT Agama Bandung, Wildan Suyuti sebagai ketua PT Agama Semarang,Said Husin sebagai ketua PT Agama Bengkulu, Djajusman sebagai ketua PT Agama Kupang, Yasmidi sebagai ketua PT Agama Palembang, Syamsul Falah sebagai Ketua PT Samarinda, Abdurahman Har sebagai ketua PT Agama Kendari dan Abu Amar sebagai ketua PT Agama Jayapura.