Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Batam Gagalkan Penyelundupan 5 PMI ke Malaysia
Oleh : Putra Gema
Jumat | 21-01-2022 | 12:52 WIB
lanal-PMI.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Danlanal Batam, Kolonel Laut Farid saat merilisi pengungkapan kasus penyelundupan PMI ke Malaysia, Jumat (21/1/2022). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Satuan tugas (Satgas) Jala Yudha TNI-AL Lanal Batam berhasil menggagalkan penyelundupan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di pelabuhan tikus Pandan Bahari, Tanjunguncang, Kepulauan Riau pada Rabu (19/1/2022).

Danlanal Batam, Kolonel Laut Farid mengatakan, penindakan itu merupakan tindakan lanjutan dari laporan masyarakat yang diterima Komandan Unit Intel Lanal Batam tentang adanya dugaan penyelundupan 5 PMI ilegal ke Malaysia.

"Tim langsung turun ke lokasi untuk melakukan pengumpulan data dan penyelidikan di daerah yang diduga menjadi tempat kegiatan ilegal tersebut," kata Farid, Jumat (21/1/2022).

Benar saja, tim mendapati 5 PMI yang akan diberangkatkan secara ilegal ini di pelabuhan tikus Pandan Bahari, Tanjunguncang, Kota Batam. Selanjutnya satu orang yang diduga kuat sebagai penyalur berinisial SL berhasil ditangkap.

"5 calon PMI ilegal itu, terdiri dari 4 perempuan dan 1 laki-laki. Selanjutnya kasus ini akan kami limpahkan ke pihak kepolisian," ujarnya.

Dari kasus ini akan terus dilakukan pengembangan oleh pihak TNI-AL sehingga tidak ada lagi kegiatan PMI Ilegal di wilayah Kepulauan Riau khususnya di Kota Batam.

Editor: Gokli