Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kadin Kepri Minta Pengusaha Jatim Pasok Pangan ke Batam
Oleh : Ocep/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 17:10 WIB

BATAM, batamtoday - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepulauan Riau mengharapkan kerja sama perdagangan bisnis dengan Kadin Jawa Timur bisa membuka peluang agar Jatim dapat memasok kebutuhan pangan ke Batam.


Johannes Kennedy, Ketua Kadin Kepri mengatakan meski Kepri dan Jatim sudah sejak lama mempunyai hubungan termasuk dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja asal Jatim di Shipyard namun Batam masih ketinggalan di bidang pangan.

"Dari jalinan kerja sama dengan Kadin Jatim ini diharapkan Jatim dapat memasok kebutuhan pasar pangan Batam, seperti telur yang saat ini produk lokalnya hanya mampu memenuhi 10-15% saja," ujarnya usai pembukaan acara Temu Bisnis Jatim-Kepri di Hotel Novotel, Batam, Kamis (12/7/201e2).

Menurutnya, Batam sangat memerlukan dukungan dari Provinsi-Provinsi lain untuk memasok kebutuhan pangan kawasan ini mengingat Batam tidak memiliki potensi pertanian.

Selama ini Batam masih mengandalkan pasokan dari Medan namun Kadin Kepri menilai jika masih mengandalkan jalur itu masih berpotensi melonjaknya harga.

"Kami khawatir kalau Batam tergantung jalur tradisonal ada gejolak. Untuk menopang kegiatan-kegiatan bisnis kita perlu dari Jatim," tambahnya.

Disamping pasokan pangan, Johannes juga berharap Jatim juga memasok produk kerajinan ke Batam sehingga bisa membuat pasar produk perdagangan di Batam lebih variatif disamping juga meminimalisir ramainya produk Cina yang beredar di Batam.

"Kalau kita mau bersaing dengan produk luar, Batam harus memperkaya pasar bisnisnya," ujarnya.