Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertamina Operasikan 'SPBU Berjalan' di Batam
Oleh : Ocep/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 16:17 WIB

BATAM, batamtoday - Pertamina mengoperasikan 'Mobile SPBU' di Kota Batam sebagai salah satu upaya mengimplementasikan Permen ESDM Nomor 12/2012.


Sunardi, Sales Area Manager Fuel Industry & Marine Pertamina Kepri mengatakan, mulai hari ini pihaknya mengoperasikan Mobile SPBU di Provinsi Kepri.

Pengoperasian tersebut diresmikan dengan melakukan pengisian perdana Solar non subsidi dari Mobile SPBU ke satu unit truk di halaman i Hotel oleh Sunardi, Kamis (12/7/2012).

Usai peresmian, dia menjelaskan, pengoperasian Mobile SPBU ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan Permen ESDM Nomor 12 Tahun 2012.

Dimana salah satu ketentuan dalam Permen tersebut mengatur soal larangan penggunaan BBM subsidi bagi industri Penunjang Tambang dan Perkebunan, termasuk untuk transportasi industri, mulai 1 September 2012.

"Peresmian Mobile SPBU merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk dapat menjangkau indsutri-industri, terutama industri pertambangan di Kepri dalam penyaluran BBM nonsubsidi," katanya.

Secara teknis, I Ketut Permadi, Sales Area Manager Fuel Retail Marketing Pertamina Kepri menjelaskan, Mobile SPBU ini merupakan mobil tanki yang didesain khusus untuk dapat menjual BBM non subsidi secara eceran kepada industri.

Untuk tahap awal ini, Pertamina mengoperasikan satu unit mobil tanki Mobile SPBU berkapasitas 5 kilo liter guna melayani penyaluran industri-industri kecil.

Selain di Batam, pada tahap berikutnya Pertamina juga akan mengoperasikan Mobile SPBU di kabupaten/kota yang ada di Kepri, yakni Tanjungpinang, Bintan dan Karimun, yang akan disesuaikan dengan permintaan.

Selain untuk mengimplementasikan Permen ESDM No.12/2012, Mobile SPBU ini juga ditarget dapat meningkatkan penjualan Solar Industri sebanyak 100 kilo liter per bulan dari penjualan Solar Industri oleh Pertamina di Kepri sebanyak 360 kilo liter per bulan.

Pengoperasikan Mobile SPBU di lapangan dilakukan di kawasan industri di Batam sesuai permintaan dari konsumen (on call) dan berdasarkan jadwal rutin.