Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Warga Tanjungpermai Ikuti Cek Kesehatan Gratis
Oleh : Harjo/Dodo
Kamis | 12-07-2012 | 14:38 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday – Ratusan warga Tanjungpermai, Kecamatan Serikuala Lobam (SKL) mengikuti cek kesehatan berupa cek darah dan mata gratis di aula Kantor Lurah Tanjungpermai, Kamis (12/7/2012).


Alfeni, Lurah Tanjungpermai mengatakan, cak golongan darah dan mata secara gratis dilakukan kepada warganya, guna mengantisipasi kebutuhan darah bagi warga bila ada membutuhkan.
 
“Selama ini, dari data base kelurahan masih banyak warga yang belum mengetahui golongan darahnya. Makanya, kita lakukan cek golongan darah, agar apa bila nantinya dibutuhkan, sudah diketahui. Apalagi kalau ada keluarga atau warga  yang membutuhkan bantuan darah,” imbuhnya. 

Sementara itu untuk cek mata, kata Alfeni yang disejalankan dengan pemeriksaan golongan darah tersebut, guna membantu warag yang ingin mengetahui kesehatan mata warga. 

“Nanti kalau warga  sudah mengetahui, setidaknya sudah mengerti apa langkah berikutnya. Apakah akan memakai lensa atau menindaklanjuti untuk memeriksakan secara medis kesehatan matanya,” katanya.

Lebih jauh, Alfeni mengatakan, terkait pelaksanaan kegiatan tersebut, secara keseluruhan dibiayai oleh pihak kelurahan yang bekerjsama dengan desa siaga. Dimana program desa siaga sebelumnya juga sudah menjalankan usaha warung obat desa siaga, yang tentunya di luar resep dokter. 

“Selama ini juga desa siaga sudah dipercayakan untuk mengelola warung obat, namun itu di luar resep dokter. Karena yang diutamakan adalah yang sifatnya herbal,” terangnya.

Selain itu, sejauh ini warga kelurahan Tanjungpermai juga sudah menjalankan program ambulans desa dan manfaatnya sudah dirasakan warga. 

“Kedepan program ini, akan ditindaklanjuti. Kalu bisa nantinya desa ini sudah memiliki mobil ambulans sendiri, untuk kebutuhan warga,” tambahnya.

Hal yang sama di sampaikan Sardianto  ketua panitia pelaksana kegiatan, kegiatan cek golongan darah melibatkan paramedis dari Puskesmas di Serikuala Lobam dan Tira Optik dari Tanjungpinang, guna untuk cek kesehatan mata warga. 

Dia juga mengingatkan seluruh warga, guan meningkatkan kunjungan ke Posyandu, agar kesehatan warga semakin meningkat guna menjaga kesehatan ibu dan anak. 

“Kita juga sudah melakukan pendataan bagi ibu hamil, dimana setiap rumah warga yang ada ibu hamil sudah di lakukan pendataan dan diberikan stiker di rumahnya,” katanya.