Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Begini Cara Cek Kampas Rem Mobil di Rumah
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-01-2022 | 11:32 WIB
cakram-mobil11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Salah satu komponen keselamatan dalam berkendara adalah rem. Pengecekan dan perawatan yang tidak teratur akan membuat dampak yang berkepanjangan. Kampas rem jadi bagian yang harus menjadi perhatian.

Penting untuk mengetahui cara cek kampas rem mobil di rumah agar risiko kecelakaan berkurang dan Anda dapat tetap nyaman berkendara.

Kampas rem harus diganti secara berkala. Kampas rem yang digunakan dalam kondisi aus bakal memberikan dampak berkepanjangan.

Salah satu dampaknya yaitu piringan cakram akan terkikis karena gesekan lapisan antarbesi. Meski sudah diganti dengan kampas yang baru, kenyamanan berkendara akan berkurang. Pasalnya, saat menekan pedal rem, kemudi akan tidak stabil. Bukan tidak mungkin, Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk memperbaikinya.

Salah satu ciri umum kampas rem mobil aus adalah kemudi yang bergetar saat Anda menekan pedal rem.

Tanda lainnya, Anda akan mendengarkan suara kampas rem yang menggeram atau memekik saat berkendara.

Kampas rem merupakan bagian integral dari sistem pengereman. Jika komponen tersebut sudah tipis dan aus, Anda tidak memiliki daya henti penuh saat membutuhkannya.

Berikut ini cara cek kampas rem mobil di rumah secara mandiri, mengutip berbagai sumber.

1. Dinginkan rem
Pastikan rem mobil dalam keadaan dingin sebelum mencoba mengecek kampas rem. Perjalanan dari tempat kerja ke rumah, meskipun itu singkat, akan tetap membuat rem menjadi sangat panas. Biarkan rem kendaraan dingin setidaknya selama satu jam.

Sembari menunggu, luangkan waktu untuk memeriksa minyak rem. Jika warnanya sudah sangat gelap, lebih baik Anda menggantinya jika tidak mau sistem pengereman macet.

2. Periksa roda
Penumpukan debu pada rem adalah hal normal jika kampas rem masih bagus. Saat kampas rem aus, jumlah debu rem berkurang.

Artinya, ketika roda mobil Anda terlihat bersih, itu salah satu tanda bahwa kendaraan Anda butuh kampas rem baru.

3. Periksa kampas tanpa melepas roda
Di banyak kendaraan, Anda dapat melihat kondisi kampas rem melalui lubang di roda.

Untuk memastikan kondisi kampas rem masih baik, Anda perlu menentukan ketebalannya. Anda mungkin memerlukan senter untuk melihat kampas rem dengan baik.

Jika bantalan terlihat tipis, kurang dari 1/4 inci atau sekitar 0,6 sentimeter, sudah waktunya komponen tersebut diganti.

Pada beberapa bantalan rem, Anda mungkin melihat slot indikator keausan di bagian tengah kampas. Jika slot hilang atau nyaris tidak terlihat, saatnya mengganti kampas rem baru.

Selain terlihat, indikator keausan juga dapat memicu peringatan lainnya. Pada beberapa kendaraan, lampu peringatan dasbor diaktifkan ketika kampas rem sudah aus hingga tingkat minimum.

Adapun kendaraan lain mengeluarkan suara memekik keras untuk memperingatkan pengemudi bahwa kampas rem harus diganti.

4. Lepas roda untuk memeriksa kampas rem
Jika cara ketiga tidak berjalan efektif, Anda harus melepas roda untuk mendapatkan wujud kampas rem yang lebih jelas.

Parkirkan kendaraan di permukaan yang rata, letakkan dongkrak di bagian bawah mobil di sebelah ban yang ingin Anda lepas. Tinggikan kendaraan sekitar 6 inci atau sekitar 15 sentimeter dari tanah, lalu buka mur roda dan lepas ban. Setelah ban lepas, Anda akan melihat kampas rem, kaliper, rotor, dan saluran rem.

Periksa kampas rem dengan teliti. Ciri paling umum kampas rem sudah aus adalah tebalnya kurang dari 1/4 inci atau sekitar 0,6 sentimeter.

Pastikan keselamatan Anda dan penumpang saat berkendara dengan mengikuti cara cek kampas rem mobil di rumah ini. Jadikan ini rutinitas perawatan mobil jika tidak ingin terjadi kegagalan rem.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha