Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Murah BUMN di Kepri Bagikan 15 Ribu Paket Sembako
Oleh : Ocep/Dodo
Rabu | 11-07-2012 | 19:15 WIB

BATAM, batamtoday - Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di wilayah Provinsi Kepri adakan kegiatan Pasar Murah BUMN Peduli, Sabtu (14/72012).


Kegiatan yang dilakukan di beberapa wilayah Kepri ini sebagai bentuk kepedulian sekaligus antisipasi kenaikan harga menjelang lebaran nanti.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kepri, Amhar Ismail mengatakan pelaksanaan pasar murah ini merupakan bagian kerja Kementerian BUMN.

Dimana sumber dana diambil dari penyisihan keuntungan BUMN seluruh Indonesia.

Kepri mendapat alokasi dana Rp1,2 miliar, dengan dana subsidi 70 persen dari harga jual paket sembako.

"Kalau dulu BUMN sendiri, sekarang ini baru terintegrasi dengan kabupaten kota dan provinsi. Kepri ini yang pertama. Jadi ada tiga institusi bersinergis disini, BUMN yang punya acara, Pemko yang menjadi sasaran, dan Provinsi yang koordinasi," jelas Amhar dalam konferensi pers, Rabu (11/7/2012).

Melibatkan Kadin Provinsi Kepri sebagai fasilitator ke distributor, adapun total sembako yang disalurkan sebanyak 15.038 paket.

Dengan isi paket masing-masing 10 kilogram beras, 1 liter minyak goreng, 1 kilogram gula, harga per paketnya Rp35 ribu untuk semua titik pasar murah.

"Mudah-mudahan dari segi pelaksanaan bisa menjadi rutin, dan jadi program tahunan. Acaranya berbeda-beda di tiap kabupaten kota, yang pasti dari tanggal 13-19 Juli," sambungnya.

Untuk Kota Batam ada tiga titik, Tanjungpinang 3 titik, Bintan 2 titik, Karimun 3 titik. Lalu Natuna, Lingga, dan Anambas masing-masing satu titik.

Tidak dilepas begitu saja, pelaksanaan pasar murah dengan pendistribusian kupon oleh Pokja, mulai dari kelurahan, RT dan RW.

"Biar tepat sasaran jadi pakai kupon, data berbasis TNP2K. Kalau kami dari Batam sudah siap, ada tiga titik pasar murah yakni di Kecamatan Galang dan di Dinas kebersihan tanggal 14, lalu titik selanjutnya di Kecamatan Bulang tanggal 16," ujar Leo Putera Kabag Perekonomian Pemko Batam.

Sementara itu, Yazid Mu'in Kepala Cabang Jamsostek Tanjungpinang sekaligus Koordinator BUMN se-provinsi Kepri menambahkan dari total 34 BUMN yang ada 17 diantaranya yang terlibat langsung dalam kegiatan ini.

Acara akan dibuka secara langsung oleh Gubernur Kepri M Sani, Jumat (13/7/2012) besok di eks gedung Provinsi Kepri.