Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

IEC 2011 Tantang Kreatifitas Mahasiswa Batam
Oleh : Andri Arianto
Senin | 14-02-2011 | 12:39 WIB

Batam, batamtoday - Konsultan Jenderal (Konjen) Amerika Serikat bersama Asgar Muda Foundation (AMF) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menyosialisasikan kompetisi "Ide Bisnis" yang masih termasuk rangkaian program ITB Enterpreneurship Challenge (IEC) 2011 ke berbagai universitas di Batam seperti Universitas Batam (UNIBA), Universitas Internasional Batam (UIB), Politeknik Batam untuk menjaring kreatifitas kalangan mahasiswa dalam mempresentasikan rencana bisnis yang berpeluang di masa depan.

Dalam Roadshow IEC 2011 kali ini, dihadirkan Muhammad Karim Wirasaputra, bidang hubungan masyarakat Konjen AS untuk menjelaskan pemahaman dasar kegiatan ini yakni mendorong semangat kewirausahaan.

"IEC ini untuk merangsang semangat kewirausahaan mahasiswa, makanya kami tantang semangat bisnis mereka di program ini," kata Karim kepada batamtoday, Senin 14 Februari 2011.

Dijelaskannya, tahapan dalam IEC 2011 secara teknis kegiatan pendaftaran peserta telah dimulai sejak bulan November 2010 lalu dan akan ditutup pada akhir Februari 2011. Melalui program IEC Goes To Campuss, Karim menerangkan bahwa para peserta diwajibkan untuk mendaftarkan diri dalam tim yang terdiri atas dua hingga tiga orang, lalu melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp 150 ribu.

"Pendaftar dapat mengirimkan proposalnya secara langsung atau lewat kantor pos," katanya.

Proposal tersebut, lanjutnya itu dikirim melalui pos kepada Panitia IEC 2011 cc Barat Ruang 33, ITB Jalan Ganesha 10 Bandung Po Box 410116. Informasi lengkap bisa dilihat di www.iecitb2011.com. Pengumpulan proposal sejak 3 Januari hingga 12 Februari (di Jawa). Sedangkan luar jawa hingga 19 Februari mendatang. Seleksi tahap pertama sekalian pengumuman tim 20 besar pada Maret nanti.

Pada 19 Februari, akan ada seminar nasional di Bandung. Tim 20 besar terpilih akan mengikuti E-camp di Jababeka, Cikarang 22-26 Maret mendatang. Seleksi tahap dua sekaligus pengumuman tim 10 besar pada April 2011. Setelahnya dilakukan final presentation dan penyerahan hadiah pada acara gala dinner Mei nanti.

Pemenang pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp30 juta plus sertifikat dan plakat, pemenang kedua Rp20 juta dan ketiga Rp 15 juta. Akan dipilih pula pemenang kategori Technopreneur yang berhak atas uang tunai Rp7,5 juta serta Creativepreneur yang hadiahnya Rp7,5 juta.
“IEC 2011 ini akan dibuat menjadi reality show oleh Metro TV sebanyak delapan episode,”jelas Karim.

Ada lima kategori ide proposal bisnis yang bisa menjadi acuan para mahasiswa dalam IEC 2011. Yakni bidang teknologi, industri kreatif, agribisnis, kuliner, dan jasa.

Perlu diketahui, program IEC ini adalah kompetisi perencanaan bisnis tingkat nasional yang yang terbuka bagi mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia yang dibentuk ke dalam 1 tim yang terdiri dari 3 orang untuk mempromosikan ide kewirausahaan dan mengembangkan ekonomi Indonesia.

Seluruh program ini akan meliputi kunjungan ke beberapa kota, konferensi pers, seminar tingkat nasional, kamp pelatihan kewirausahaan (E-Camp), e-monitoring, penilaian rencana bisnis oleh para wirausahawan terkemuka Indonesia. Pemilihan pemenang akan mendapatkan hadiah uang sebagai modal awal untuk memulai bisnis mereka.

"Belajar dan memulai usaha," ujar Karim.