Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Bantah Damin Temui Dirinya
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 10-07-2012 | 16:52 WIB
kapolda-tinjau-kayu.gif Honda-Batam
Kapolda Kepri, Brigjen Pol. Yotje Mende saat meninjau kayu ilegal milik Damin beberapa waktu lalu.

BATAM, batamtoday - Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Brigjen Pol Yotje Mende menepis adanya informasi yang menyebutkan dirinya telah menolak sogokan yang diajukan dengan ratusan juta yang disodorkan Damin untuk menghentikan kasus yang ditangani penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kepri.


Yotje mengatakan, Damin tidak pernah menjumpai dirinya, melainkan Damin telah berkomunikasi dengan stafnya untuk menjumpainya. Namun upaya Damin ditolaknya karena Damin masih tersandung kasus gelondongan kayu sebanyak 2.340,44 M3 yang masih disegel di  dermaga PT BAS, Sagulung sejak Minggu (10/6/2012) kemarin.

"Maaf, itu tidak benar, yang bersangkutan memang pernah melalui staf saya ingin menghadap tapi saya tolak, karena yang bersangkutan sedang dalam proses penyelidikan dan penyelidikan oleh penyidik saya," ujarnya, Selasa (10/7/2012).

Yotje juga menegaskan, tertangkapnya kayu milik Damin, sama sekali tidak ada kepentingan untuknya maupun instansinya sendiri. " Jadi tidak ada kepentingan dengan saya dimana secara teknis keputusan yang bersangkutan untuk ditentukan sebagai tersangka atau saksi adalah ada pada penyidik bukan saya," tegasnya kembali.

Sementara itu, Direktur Reskrimsus Polda Kepri Kombes Pol Achmad Yudi Swarso mengatakan saat ini pihaknya sudah meminta keterangan saksi ahli dari Kementrian Kehutanan.

"Kita masih memeriksa saksi ahli, untuk sementara belum diketahui hasilnya dari penyidik," pungkasnya.