Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menjelang Ramadhan, Harga Ayam Potong Naik
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 10-07-2012 | 15:17 WIB
Hijazi.gif Honda-Batam
Ahmad Hijazi,  Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kota Batam.

BATAM, batamtoday - Sejumlah bahan pangan seperti ayam potong menjelang bulan Ramadhan 1413 Hijriah mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar tradisional.


Seperti di Pasar Botania Garden, harga komoditas hewani ini mencapai Rp30 ribu dari Rp27-28 ribu per kilogramnya.

Namun, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Kota Batam, Ahmad Hijazi mengatakan naiknya harga ayam potong bukan dikarenakan masuknya bulan Ramadhan. Melainkan disebabkan faktor cuaca yang berubah- rubah yang mengakibatkan banyak ayam ternak lokal mati.

"Naiknya harga ayam bukan karena mau masuk bulan puasa, tetapi karena cuaca pancaroba, sehingga banyak ayam yang mati," katanya, Selasa (10/7/2012).

Sehingga, untuk melakukan pengontrolan harga bahan pangan di pasaran, Hijazi mengatakan bahwa sudah melakukan monitoring harga bahan pangan dan melakukan pengawasan stok dan pengawasan sumber suplai dan intervensi harga pasar dengan operasi pasar di Batam.

"Operasi pasar di Galang sudah kita lakukan, dan besok (Rabu,11/7) kita akan operasi pasar di Kampung Belian," ujar Hijazi.

Hijazi juga menyebutkan, stok ayam potong menjelang dan selama Ramadhan tidak mencukupi dengan tingkat konsumsi yang terjadi. Sehingga, anjurnya, warga Batam harus mendatangkan ayam potong dari daerah lain seperti Tanjungpinang atau daerah lain di Kepri maupun impor dari luar negeri.

"Kalau impor sudah pasti bukan ayam segar melaikan ayam beku. Kami menghimbau agar masyarakat juga mau mengkonsumsi ayam beku, agar stok yang ada cukup dengan nilai kebutuhan," sebut  Hijazi kembali.