Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dunia Peringati Hari Bebas Kantong Plastik
Oleh : redaksi/hijauku
Rabu | 04-07-2012 | 12:55 WIB

BATAM, batamtoday - Dunia memeringati Hari Bebas Kantong Plastik Internasional dan menyeru dihentikannya penggunaan kantong plastik di seluruh negara pada Selasa (3/7/2012) kemarin.


Gerakan dengan nama “International Plastic Bag-Free Day” ini diorganisir oleh GAIA, Zero Waste Europe and the Fundació Prevenció de Residus i Consum yang berpusat di Asia dan Eropa.

Apa yang bisa Anda lakukan untuk menyukseskan Hari Bebas Kantong Plastik ini? Anda atau organisasi Anda bisa turut mengampanyekan Hari Tanpa Kantong Plastik ini melalui sosial media maupun situs perusahaan.

Anda atau perusahaan Anda juga bisa meminta karyawan atau cabang-cabang operasional perusahaan untuk setidaknya berhenti menggunakan kantong plastik pada hari ini dan dilanjutkan pada hari berikutnya.

Secara pribadi, Anda bisa menolak menggunakan kantong plastik saat Anda berbelanja di pasar swalayan atau hipermarket dan mengajak rekan-rekan atau keluarga Anda untuk melakukan hal yang sama.

Alternatif untuk kantong plastik sudah banyak tersedia. Anda bisa menggunakan tas pakai ulang atau cukup menenteng barang belanjaan ke rumah tanpa menggunakan tas plastik jika memungkinkan.

Banyak kota-kota besar dunia yang sudah mulai melarang penggunaan kantong plastik di supermarket. Kota Los Angeles, Kalifornia adalah salah satu contohnya. Pada Mei lalu kota ini dengan suara mutlak telah mengesahkan undang-undang yang melarang penggunaan kantong plastik di supermarket atau pasar swalayan.

Los Angeles menjadi kota terbesar di Amerika Serikat yang menerapkan kebijakan hijau ini. Kemenangan ini disambut meriah oleh para pencinta lingkungan dan menjadi salah satu upaya pemerintah untuk melibatkan penduduk kota menyelamatkan alam.

Los Angeles juga akan mengenakan biaya 10 sen (sekitar 890 rupiah) untuk penggunaan kantong kertas di supermarket. Rencana ini akan diterapkan dalam 16 bulan ke depan di 7.500 supermarket.

Pelarangan penggunaan kantong plastik ini juga bagian dari kampanye selama 10 tahun terakhir untuk membersihkan sungai dan saluran air di Los Angeles dan mengurangi jumlah sampah yang menumpuk di TPA, yang masuk ke Samudera Pasifik dan saluran air di sekitar kota yang menjadi sumber air bersih bagi Los Angeles.

Menurut para aktivis lingkungan, penduduk Kalifornia menggunakan 12 miliar kantong plastik per tahun dan hanya 5% yang didaur ulang.

Rencana pelarangan kantong plastik ini akan diujicobakan selama 4 bulan sebelum berlaku penuh. Setelah masa percobaan berakhir peritel besar diberi waktu enam bulan untuk menghentikan penggunaan kantong plastik, sedangkan peritel kecil diberi waktu satu tahun.

Ketika waktu yang diberikan habis supermarket wajib mengenakan biaya 10 sen (sekitar 890 rupiah) untuk setiap kantong kertas yang digunakan konsumen. Kebijakan ini bisa dicontoh oleh kota-kota lain di dunia, termasuk di Indonesia.