Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

UKM Corner Bentukan Bank Indonesia Berhenti Operasi
Oleh : Ocep/Dodo
Selasa | 03-07-2012 | 14:43 WIB
02.jpg Honda-Batam
UKM Corner saat diluncurkan akhir tahun lalu. (Foto: www.ukmcorner.com)

BATAM, batamtoday - Hanya dalam beberapa bulan, sebagai salah satu sentra UKM di Batam, UKM Corner yang disponsori Kantor Bank Indonesia Batam terpaksa menutup gerainya akibat minim pengelolaan yang baik.


UKM Corner diluncurkan Bank Indonesia sejak 21 Desember 2011 lalu dan memiliki gerai sendiri di salah satu tempat perbelanjaan di Batam dengan bekerja sama dengan manajemen tempat perbelanjaan tersebut.

Kantor Bank Indonesia Batam menargetkan berdirinya UKM Corner dapat menjadi gerai pemasaran bagi produk 400 UKM yang berada dibawah pembinaan Konsultan Keuangan Mitra Bank (KKMB) di Kota Batam.

Dengan konsep Modern Mart, UKM Corner menjadi salah satu sentra UKM untuk meningkatkan daya saing produk UKM.

Menjadi etalase hasil produksi UKM, UKM Corner menjanjikan konsep panggung, rumah kemasan UMKM, event organizer, minimarket, gallery, office, bank point, rumah kemasan UMKM dan workshop, termasuk pengembangan produk melalui portal www.ukmcorner.com.

Namun sejak Februari 2012, UKM Corner ini  tidak lagi memasarkan produk UKM. Gerai UKM Corner tersebut sudah tutup dan hanya sempat berjalan selama sekitar dua bulan.

"Iya benar sudah tutup sejak Februari. Waktu kami jalankan, ada kendala di manajemen operasional, ada yang tidak sesuai dengan konsep, jadi tidak bisa dilanjutkan," ujar Arif Rahadian, Analis Kantor Bank Indonesia Batam, Selasa (3/7/2012).

Ia menuturkan UKM Corner tidak bisa berdiri sendiri untuk mampu membiayai biaya operasional gerai itu selama dijalankan pengelolanya.

KBI Batam sendiri sejak awal berharap UKM Corner dapat berjalan swadaya setelah diberi modal operasional awal oleh KBI Batam.

UKM Corner, kata Arif, diberi modal awal dari dana CSR Bank Indonesia Batam hampir mencapai Rp100 juta agar bisa beroperasional.

Namun peran KBI Batam yang hanya sebagai sponsor membatasi pengelolaan internal UKM Corner tersebut.

"Karena ini tidak pure bisnis, alasannya sosial, kami belum menghitung kerugiannya, tidak ada laporannya, BI hanya sebatas fasilitator," tambahnya.

Meski UKM Corner ini sudah ditutup, namun KBI Batam tetap berencana membangkitkan kembali Sentra UKM untuk di Batam dengan mengkonsep ulang UKM Corner pada tahun ini.

UKM Corner akan dikonsep menjadi lebih sederhana dari konsep sebelumnya dengan harapan tetap menjadi pusat pemasaran dan penjualan produk UKM.

"Kami sedang redesign konsepnya. Masih kami godok, dan bisa dijalankan lagi," ujar Arif.