Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Petugas X-Ray BC Tak Ada di Tempat, Heroin Nyaris Lolos ke Jakarta
Oleh : Ali/Dodo
Selasa | 03-07-2012 | 13:44 WIB

BATAM, batamtoday - Petugas Bea dan Cukai yang menjaga pengiriman barang di mesin X-Ray Terminal Kargo Bandara Hang Nadim Batam diketahui tidak berada di tempat pada saat petugas lain mencurigai serbuk putih yang diduga heroin seberat enam kilogram hendak dikirimkan ke Jakarta pada Senin (3/7/2012) kemarin.


Informasi yang diperoleh, sebelum barang dikirim oleh PT Sehati, invoice dan barang diperiksa terlebih dahulu oleh petugas BC di Kargo Bandara Hang Nadim baru kemudian di-packing oleh petugas sebelum dilakukan pemeriksaan melalui mesin X-Ray.

Namun pada saat pemeriksaan melalui X-Ray inilah, diketahui petugas BC yang biasanya berjaga tidak berada di tempat dan tugasnya digantikan sementara oleh petugas Ditpam Bandara Hang Nadim.

"Anggota Ditpan yang mencurigai barang yang dikirim itu, meminta kepada pengirim A membuka barang yang akan dikirimnya," katanya kembali.

Setelah ditemukan adanya serbuk putih, petugas BC dipanggil oleh anggota Ditpam yang mencurigai barang berserbuk putih. Tidak berselang lama, setelah Kepala BC Batam dan Kepala Bandara Hang Nadim berada di gudang kargo beserta Direktur Ditnarkoba Polda Kepri juga berada di lokasi, barang yang dicurigai sebagai heroin itu akhirnya dibawa ke Polda Kepri.