Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Polsek Sekupang Aktifkan Siskamling
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Selasa | 03-07-2012 | 11:38 WIB
mapolsek-sekupang.gif Honda-Batam
Mapolsek Sekupang.

BATAM, batamtoday - Polsek Sekupang mengaktifkan siskamling di setiap komplek perumahan di wilayah hukum polsek tersebut untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang dimungkinkan terjadi.


"Untuk antisipasi kejahatan kita kedepankan sistem keamanan lingkungan di setiap komplek perumahan," ujar Kapolsek Sekupang, Kompol Furqon.

Siskamling yang berdiri berada di bawah pengawasan RT atau RW setempat. Apabila ada peristiwa kejahatan akan langsung melaporkan setiap ke Babin di setiap Kecamatan. Begitu juga sebaliknya, setiap Babin akan melakukan pengecekan secara rutin ke masing-masing RT/RW.

"Setiap RT/RW bisa diabsen oleh Babin dan lapor ke Kanit di polsek untuk menindaklanjuti. Kami tak bisa andalkan personil polisi yang jumlahnya sedikit," terang Furqon.

Selain itu, anggota polsek juga secara rutin melakukan patroli ke setiap komplek perumahan yang berada diwilayah Mapolsek Sekupang guna mempersempir ruang gerak terjadinya tindak kejahatan.

"Apabila mencurigai atau terjadi tindak pidana diharapkan kepada masyarakat agar segera melaporkan perangkat terdekat baik RT/RW maupun Polisi terdekat," ujarnya

Bahkan, Polsek Sekupang memiliki wacana untuk memberikan Hand Talky (HT) di setiap pos Siskamling, untuk memperlancar komunikasi dan mempermudah lakukan pengecekan oleh pihak Kepolisian.

"Zaman dulu pakai kentongan, zaman sekarang pakai HT," kata Furqon.