Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sultan Bachtiar Minta Pemda se-Bengkulu Maksimalkan Momentum Kunjungan Kementerian
Oleh : Irawan
Minggu | 26-09-2021 | 18:05 WIB
sultan_B_najamuddin_b21.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Sultan Bachtiar Najamudin mendorong pemerintah daerah Se-Bengkulu memaksimalkan kunjungan utusan beberapa kementerian terkait yang akan melakukan kunjungan kerja di Bengkulu pada 27-29 September nanti.

"Ini adalah momentum yang harus dimaksimalkan oleh para Bupati dan walikota dalam membangun hubungan kerja sama dan mempromosikan potensi daerah kepada kementerian terkait yang melakukan kunjungan kerja ke daerah," kata Sultan Bachtiar, Minggu (26/9/2021).

Suasana Pandemi Covid-19 yang masih dalam proses pemulihan, kata Sultan, signifikan mempengaruhi hubungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah selama ini. Maka tak heran banyak agenda pembangunan di daerah yang tersendat.

"Oleh karena itu Pemda harus menjemput bola. Aktif membangun komunikasi dengan para utusan kementerian terkait. Tugas kami saat ini sebagai senator hanya menjadi penghubung dan fasilitator. Selebihnya silahkan para Bupati dan walikota berinteraksi secara langsung dengan pihak kementerian," tegas Sultan.

Lebih lanjut Sultan mengusulkan agar pemerintah Bengkulu menyediakan sesi khusus untuk pemda dan kementerian dalam bentuk goverment match, sebagai ruang dialog intensif kepada para eksekutif pusat dan daerah. Harus dibentuk link and match kedua pihak, di tengah pandemik Covid-19.

"Banyak potensi daerah yang harus dikembangkan pasca dibangunnya infrastruktur. Itu yang tak kalah penting bagi pemda setempat. Jika tidak ingin infrastrukturnya menjadi mubazir. Begitupun bagi kementerian, mereka harus membawa pulang gambaran peta potensi wilayah dan daerah sebagai bahan evaluasi dan rekomendasi dalam internal masing-masing kementerian," kata mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini.

Editor: Surya