Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

440 Anggota Polres Tanjungpinang Jalani Tes Urine
Oleh : Agus/Dodo
Senin | 02-07-2012 | 14:41 WIB
tes-urine-tpi.gif Honda-Batam
Sejumlah anggota Polres Tanjungpinang saat mengikuti tes urine.

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sebanyak 440 anggota Polres Tanjungpinang menjalani tes urine yang digelar oleh Badan Narkotika Nasional Tanjungpinang, Senin (2/7/2012).


"Ini merupakan agenda rutin dari BNN Tanjungpinang, dan usulan dari Kapolres Tanjungpinang, yang meminta kami melakukan pemeriksaan rutin kepada seluruh jajaran, staf, PNS Polres Tanjungpinang," kata AKBP Ahmad Yani, selaku ketua BNN/BNK Tanjungpinang.

Namun, saat ditanya mengenai hasil tes, Yani mengakui belum bisa menentukan hasil sebab proses tes urine masih berlangsung.

"Saat ini ada sekitar 300 orang yang sudah ikut tes urine, namun ada sekitar 140 orang lagi yang belum hadir karena ada yang lepas dinas, jaga jalan, dan pengamanan demo," kata Yani.

Yani menambahkan, dari tes urin yang dilakukan pihaknya, jika mendapati positif menggunakan sabu, atau narkoba akan dilakukan pembinaan, bukan pidana.

Sementara itu, Kapolres Tanjungpinang AKKBP Suhendri mengakui, tes ini merupakan sebagai bentuk pencegahan dari pimpinan kepada bawahan agar dapat dipahami bahayanya pengunaaan narkoba.

"Bukan instansi pemerintah saja yang dites, kami sebagai pihak penegak hukum juga harus wajib diperiksa tes urine,sebagai bentuk tidak dibeda-bedakanya masyarakat sipil dan anggota Polres Tanjungpinang terkait narkoba,' kata Suhendri.

"Anggota yang positif mengunakan narkoba akan kami minta BNN melakukan rehabilitasi, karena ini sifatnya pencegahan bukan pidana," tambah Suhendri.