Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lawan Hipertensi, Makan Seledri dan Labu Siem
Oleh : Tunggul Naibaho
Sabtu | 12-02-2011 | 08:35 WIB

Batam, batamtoday - Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat mengakibatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Berbahayanya penyakit ini, karena terkadang tidak memperlihatkan gejala apapun seperti misalnya sakit kepala.

Karenanya hipertensi harus diwaspadai dengan pola hidup yang sehat, dan juga sebagai tindakan preventif, kiranya perlu mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Berikut adalah jenis makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi, diantaranya:

Seledri.

Seledri mengandung suatu phytochemical yang disebut phtalides. Senyawa ini dapat menenangkan jaringan otot pada dinding arteri dan meningkatkan aliran darah. Mark Houston, M.D., direktur Hypertension Institute di St. Thomas Hospital, Amerika Serikat, menceritakan bahwa pasiennya dapat menurunkan tekanan darah sampai 6 poin sistol dan 3 poin diastol hanya dengan memakan 4 stik seledri sehari.

Rumput Laut
Jenis makanan ini cukup populer di Jepang. Ada 4 jenis rumput laut: hijau, coklat, merah, dan biru kehijauan. Kesemuanya kaya akan nutrisi. Rumput laut merupakan sumber kalsium yang cukup baik. Mereka juga mengandung potassium yang penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

Labu Siam
Makanan ini cukup dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Labu siem dikatakan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Caranya pun cukup mudah. Satu buah labu siem segar diparut, lalu diperas airnya. Airnya ini diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.