Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ikabsu Minta Polisi Adil Tangani Kasus Bentrokan di Planet Holiday
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Kamis | 28-06-2012 | 18:53 WIB

BATAM, batamtoday - Berkembangnya informasi di masyarakat Batam tentang adanya diskriminasi dan ketidakadilan dalam penyidikan kasus insiden bentrok massa di Hotel Planet Holiday, Pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (Ikabsu) Kota Batam mendatangi Polresta Barelang guna mempertanyakan masalah tersebut, Kamis (28/6/2012) sekitar pukul 16.00 WIB.

Kedatangan rombongan ini langsung dipimpin ketua Ikabsu Kota Batam, Jasarmen Purba dan didampingi oleh pengurus lainnya seperti Nuthrin Sihaloho, Surya Makmur Nasution, Hotman Hutapea dan Onward Siahaan yang disambut oleh Kapolresta Barelang, Kombes Pol Karyoto dengan melakukan perundingan yang dilaksanakan lebih kurang satu jam di ruang rapat lantai dua Mapolresta Barelang.

"Inti dari kedatangan kami ke sini karena ada beberapa poin yang kita sampaikan langsung ke Kapolres tentang penyidikan insiden bentrok massa di Hotel Planet Holiday," ujar Jasarmen kepada batamtoday.

Adapun poin-poin tersebut, lanjut Jasarmen, Ikabsu meminta agar Polri lebih menekankan keadilan hukum karena menurut masyarakat ada yang tidak adil dalam proses penyidikan.

"Ketika kita sampaikan ini, Kapolres telah memberikan kerjasama yang baik dan berjanji tak akan ada diskriminasi dalam proses penyidikan," terang Jasarmen.

Selanjutnya, sehubungan dengan kondisi keamanan Kota Batam yang telah kondusif saat ini, Ikabsu menghimbau kepada masyarakat Sumatera Utara (Sumut) dan keluarga besar Ikabsu untuk tetap menjaga hal ini, sebab permasalahan kemarin bukanlah masalah yang berhubungan dengan suka atau etnis.

"Insiden kemarin dipicu oleh permasalahan bisnis dan tak ada hubungan dengan masalah suku atau etnis," tegas lelaki yang juga merupakan anggota DPD RI asal Provinsi Kepri ini.

Poin terakhir, Ikabsu menghimbau kepada masyarakat Sumut dan Batam untuk tidak terjebak dengan pemberitaan yang dapat menjerumuskan dan terjadinya perpecahan di masyarakat seperti peristiwa-peristiwa terdahulu.

"Kita tak mau insiden tahun 1999 silam terulang kembali dan merugikan semua pihak," tambahnya.

Senada dengan Jasarmen, Onward Siahaan menegaskan kembali lagi bahwa kedatangan pengurus Ikabsu hanya ingin meluruskan sinyalemen di masyarakat tentang adanya diskriminasi dan ketidakadilan dalam penyidikan insiden Planet Holiday.

"Sekali lagi kami meminta kepada Polri untuk dapat melakukan penegakan hukum secara proporsional, profesional dan penuh rasa keadilan," tegas Onward.

Disinggung batamtoday tentang adanya kegiatan tabur bunga di Hotel Planet Holiday pada Sabtu lusa yang akan dilakukan oleh Forum Masyarakat Sumatera Utara (Formasu) dengan melibatkan lebih kurang 1.500 massa, pihak Ikabsu pada dasarnya menghargai aksi simpatik itu namun meminta agar tidak terpancing oleh pihak-pihak yang akan memanfaatkan momen tersebut.

"Kami keluarga besar Ikabsu menghargai aksi simpatik dari masyarakat Sumut untuk melaksakan kegiatan tabur bunga itu, tapi harus tetap arif dan bijaksana sebab jangan sampai ada pihak-pihak lain yang akan memanfaatkan dan menunggangi aksi tersebut," terang Onward.

Sejauh ini, pihak Ikabsu telah melakukan koordinasi dan perundingan dengan masyarakat Sumut yang akan melakukan aksi simpatik itu untuk menyampaikan pesan agar acara dapat berlangsung sukses dan lancar.