Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jihan Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen
Oleh : Irawan
Kamis | 15-07-2021 | 08:37 WIB
jihan_lampung.jpg Honda-Batam
Senator asal Lampung, Jihan Nurlela (Foto: DPD RI)

BATAMTODAY.COM, Bandar Lampung - Senator asal Lampung, Jihan Nurlela mengajak masyarakat khususnya penyintas Covid-19 membantu sesama dengan Donor Plasma konvalesen.

Di tengah kenaikan kasus Covid-19, masyarakat yang pernah terpapar dapat menyelamatkan sesama dengan donor plasma konvalesen ini.

"Riset yang dilakukan FKM UI hasilnya hampir separuh warga DKI pernah terpapar Covid-19. Hari ini, banyak banget pasien yang terpapar covid ini membutuhkan plasma konvalesen, dan orang yang butuh plasma konvalesen hampir pasti kondisinya nggak baik-baik saja," ujarnya.

Untuk itu, adik kandung wakil gubernur Lampung Chusnnunia Chalim ini meminta mereka yang pernah terpapar dan sembuh memiliki kesadaran tinggi menyelamatkan sesama. Saat ini, kata alumnus Fakultas Kedokteran Unila ini, donor plasma konvalesen ini paling memungkinkan untuk menyelamatkan nyawa sesama, memulihkan kesehatan pasien Covid-19.

"Teman-teman yang terpapar harus mempunyai kesadaran yang tinggi untuk mau mendonorkan plasmanya, paling ngga mau dulu di skrining titer antibodi dalam tubuhnya," ujarnya.

Lalu bagaimana jika ingin donor plasma Konvalesen? Anda dapat menghubungi PMI terdekat, atau langsung menghubungi instagram dr. Jihan Nurlela. Anggota DPD RI dari Lampung ini juga membagikan kontak relawan melalui dr. Mia Febrianti (0896-3254-4474) atau Aris Gibrant (0811-722-8895).

"Saat ini kebutuhan donor plasma konvalesen sangat sulit didapatkan dan sangat berperan sekali dalam penanganan Covid. Mari bersama menolong Saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan. Donor Plasma Anda dapat menyelamatkan nyawa orang lain," tegasnya.

Adapun syarat untuk menjadi pendonor, yakni Pasien Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh dalam waktu 2 minggu dan Max. 6 bulan, Berat Badan diatas 55Kg, Diutamakan Laki-Laki, Lulus Pemeriksaan Screening, Mempunyai kadar Antibody dan Total Titer Antibody IGg Spesifik Covid yang cukup.

Selengkapnya untuk calon pendonor bisa mengikuti link berikut ini: https://bit.ly/3r21FY0. "Yang di Lampung, yang pernah terpapar dan mau mendaftarkan diri jadi pendonor plasma konvalesen bisa dm saya (@jihanchalim) atau @forumrescuerelawanlampung @arisgibrant @miaafebriani," pungkasnya.

Editor: Surya