Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Waspada, Penipuan Mengatasnamakan Wabup Bintan Kembali Terjadi
Oleh : Harjo
Senin | 28-06-2021 | 12:25 WIB
penipuan-wa1.jpg Honda-Batam
Klarifikasi isu dugaan penipuan mengatasnamakan Wakil Bupati Bintan. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Nama dan foto Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan dicatut oleh pihak tak bertanggungjawab, untuk menipu masyarakat melalui aplikasi WhatsApp, Minggu (27/6/2021).

Laporan informasi tersebut beredar tangkapan layar nomor WhatsApp Wakil Bupati Bintan, Roby Kurniawan dengan modus pembagian donasi untuk tempat ibadah.

Menurut Roby, akun WA yang memiliki nomor 0877 6220 6380 itu bukan hanya sekali ini, namun pernah dilakukan di awal bulan Maret 2021 dengan modus serupa. Nomor WhatsApp Wakil Bupati Bintan palsu itu mengirimkan chat ke nomor pengurus mesjid dengan modus pembagian donasi untuk tempat ibadah.

Kabag Protokol Bintan, Ayu Suwastari menyampaikan bahwa benar nama Wakil Bupati Bintan digunakan untuk melakukan penipuan melalui via WhatsApp.

"Perkenalkan saya bapak Roby Kurniawan selaku Wakil Bupati Bintan. Tujuan saya menghubungi saat ini terkait pembagian donasi dari Pemkab Bintan dan ditujukan ke tempat ibadah khususnya yang masih masuk Kabupaten Bintan. Betul dengan pengurus mesjid," ujar Ayu, Kabag Protokol Pemkab Bintan menirukan isi pesan tersebut.

Ditegaskan, apabila menerima whatsapp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Bintan, serta modus menggunakan foto profil apalagi dengan nomor di atas kepada masyarakat Bintan, diminta untuk berhati-hati dan tidak ditanggapi.

"Terutama bila mengaku sebagai pejabat dan mengiming-imingi sesuatu," pungkasnya.

Editor: Yudha