Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ada Lagi Aksi Mogok Kerja Buruh PT Varta
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 22-06-2012 | 17:49 WIB

BATAM, batamtoday - Aksi mogok kerja ratusan buruh PT Varta Micro Battery di dua gedung perusahaan yakni lot 23 dan 310, Batamindo sudah tidak ada lagi. Namun, belum diketahui aksi mogok tersebut berakhir karena waktu atau karena sudah ada kesepakatan dua belah pihak. 

Pantauan batamtoday pada Jumat (22/6/2012), ratusan buruh yang biasanya berkumpul di depan perusahaan melakukan aksi mogok sudah tidak ada. Bahkan, tenda-tenda dan peralatan lainnya yang digunakan buruh saat aksi mogok sudah kosong. Puluhan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil terlihat jelas terparkir rapi di halaman perusahaan. 

Informasi yang dihimpun batamtoday di lokasi, ratusan buruh yang melakukan aksi mogok telah membubarkan diri sejak hari Minggu kemarin. Tapi, mereka belum masuk kerja seperti biasanya lantaran masih menunggu perundingan dengan pihak manajemen PT Varta. 

"Tenda buruh yang melakukan aksi mogok itu dibongkar sejak minggu kemarin. Tapi yang saya lihat mereka belum masuk kerja, hanya saja ratusan buruh yang tidak ikut mogok yang sudah masuk," papar salah seorang buruh di lokasi yang namanya tak mau disebut. 

Sejauh ini, keterangan resmi dari pihak buruh yang melakukan aksi mogok maupun dari pihak manajemen PT Varta belum bisa di dapat. Dari informasi yang di dapat perwakilan buruh bersama pihak menajemen melakukan pembahasan maupun pertemuan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di salah satu hotel di daerah Nagoya. 

"Saya dengan lagi ada pertemuan antara pihak buruh dengan manajemen di daerah Nagoya. Kemungkinan membahas masalah tuntutan mogok tersebut," kata seorang wanita yang pernah bekerja di PT Varta. 

Dengan adanya pertemuan itu, wanita tersebut berharap akan adanya titik temu antara buruh dengan pihak manajemen, supaya mereka dapat bekerja kembali seperti biasanya dan semua yang menjadi hak-hak mereka sebagai buruh terpenuhi. 

"Mudah-mudahan saja hasilnya sesuai dengan harapan kami selama ini," ujar wanita yang turut dalam aksi mogok kerja kemarin.