Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim KPK Turun ke Batam, Apakah Ada Target?
Oleh : Hadli
Selasa | 25-05-2021 | 08:04 WIB
tim_kpk-turun-ke-batam01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pertemuan Tim KPK yang dipimpin Direktur Koordinasi Supervisi I, Brigjen Pol Didik Agung Widjanarko, dengan Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman di Mapolda Kepri, Batubesar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Selasa (24/05/2021). (Hadli/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah berada di Batam, Kepulauan Riau. Apakah keberadaan tim penyidik anti rasuah itu tengah melakukan pengintaian dugaan korupsi di Batam?

Direktur Koordinasi Supervisi I, Brigjen Pol Didik Agung Widjanarko, membenarkan dirinya bersama dua tim, dari Satgas Pencehaan dan Penindakan, sedang menjalankan tugas di Batam, Kepulauan Riau.

"Kami sengaja datang ke Kepri terkait dengan tugas kami sebagai Direktorat I, membawahi tujuh wilayah hukum yaitu mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Barat," kata Direktur Koordinasi Supervisi I KPK, Brigjen Pol Didik Agung Widjanarko, di Mapolda Kepri, Senin (24/5/2021).

Hal itu disampaikan Didik usai pertemuan dengan Kapolda Kepri Irjen Pol Aris Budiman. Di Batam, Didik menambahkan, dirinya bersama dua tim, dari Satgas Pencegahan dan Satgas Penindakan.

"Terkait dengan Satgas Penindakan, memang kami mempunyai tugas untuk melaksanakan koordinasi dan juga supervisi. Koordinasi dalam rangka memastikan perkembangan penanganan tindak pidana korupsi berjalan dengan sebaik-baiknya, dan kita punya tanggung jawab," tuturnya.

Ditambahkan, apabila ada hal-hal yang dapat membantu terhadap penyidikan maupun penuntutan, baik itu di kepolisian maupun kejaksaan, tentunya pihaknya siap membantu bagaimana proses penanganannya agar berjalan dengan sebaik-baiknya.

"Sejauh ini, penanganan kasus korupsi di Polda Kepri berjalan dengan baik, semuanya lancar dan sebagian sudah P21. Tinggal beberapa kasus yang masih dalam proses. Dan apabila dalam prosesnya nanti ada hambatan dan perlu kami backup, tentunya kami akan senang hati membantu dari penyidik maupun penuntut yang ada di wilayah hukum Kepulauan Riau ini," jelas dia.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhartd mengatakan, audiensi dan silaturahmi tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan kerjasama antara KPK dan Polda Kepri. Dan untuk ke depannya akan dilakukan pengembangan supervisi tim pencegahan KPK hingga ke satuan-satuan wilayah yang berada di bawah pengawasan Direktorat I.

"Tim ini terdiri dari Kejaksaan, Polri dan KPK ikut serta mendampingi untuk bisa mengawasi dan mencegah penyelewengan anggaran negara. Apalagi mengingat saat ini tengah di dalam situasi pandemi, negara dalam keadaan kontijensi dan jangan sampai bermain dengan anggaran Bansos Covid-19," ungkap Harry.

Editor: Gokli