Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Hindari Kantuk Berkendara saat Berlebaran
Oleh : Redaksi
Sabtu | 15-05-2021 | 09:56 WIB
nyetir-ngantuk1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dalam merayakan hari raya Idul Fitri, tentu kita disuguhkan berbagai hidangan makanan yang menggugah selera.

Namun bagi Anda yang harus melakukan aktivitas di luar rumah perhatikan juga porsi makan yang disantap, jangan sampai membuat Anda terlalu kenyang sehingga kantuk di jalan.

Soalnya jika Anda harus berkendara dengan motor ataupun mobil, hal ini tentu sangat berbahaya dan beresiko menimbulkan kecelakaan. Untuk itu tetap jaga kondisi badan agar tetap fit di hari yang suci ini.

Dikutip dari laman Nissan Indonesia, ada sejumlah tips bagi Anda yang merasa kantuk namun harus bepergian keluar rumah.

1. Istirahat yang Cukup
Jika anda harus keluar rumah dan beraktivitas di pagi hari, usahakan pada malam harinya istirahat yang cukup. Jika kurang istirahat dan terlalu banyak mengkonsumsi makanan, hal ini berdampak pada kondisi fisik yang kurang optimal dan tentu saja menyebabkan kantuk.

2. Tidak Meminum Obat yang Menyebabkan Kantuk
Ketika kondisi badan sedang tidak sehat, jangan paksakan diri untuk tetap berkendara. Terlebih jika meminum obat yang memiliki efek kantuk, hal ini sangat berbahaya bila Anda tetap melanjutkan perjalanan.

Lebih aman jika Anda bepergian dengan menggunakan transportasi umum, atau saat berpergian ada dua orang atau lebih, minta tolong kepada mereka untuk menyetir dan Anda bisa rehat sejenak.

3. Selalu Sedia Air Minum
Jangan lupa sediakan air minum yang cukup saat akan berkendara di jalan. Jika kondisi belum fit dan masih terasa kantuk, usahakan minum air putih yang banyak agar kondisi badan kembali segar. Anda juga bisa meneguk secangkir kopi untuk menghilangkan rasa kantuk.

4. Putar Lagu yang Membuat Anda Semangat
Terkadang rasa kantuk bisa dihilangkan dengan mendengar alunan musik yang iramanya cepat. Ini cukup membantu Anda yang harus berkendara sepanjang hari agar tidak mudah lelah dan tetap semangat.

5. Cari Tempat Istirahat
Setelah semua cara di atas dilakukan namun rasa kantuk tak kunjung hilang, ada baiknya Anda menepikan kendaraan dan beristirahat sejenak. Setelah bangun dari tidur jangan lupa melakukan peregangan tubuh agar tidak terasa pegal saat kembali melanjutkan perjalanan.

Sumber: detik
Editor: Yudha