Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KBRI Phnom Penh Selamatkan 76 PMI Korban Penyekapan Perusahaan di Kamboja
Oleh : Redaksi
Sabtu | 08-05-2021 | 19:52 WIB
KBRI-phnom-penh.jpg Honda-Batam

PKP Developer

KBRI Phnom Penh. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sebanyak 76 orang WNI Pekerja Migran Indonesia (PMI) telah berhasil diselamatkan dari penyekapan sebuah perusahaan di Kota Chrey Thum, Provinsi Kandal, Kamboja.

KBRI Phnom Penh berkoordinasi dengan Kepolisian Nasional Kamboja telah mengevakuasi mereka ke tempat aman dalam dua gelombang masing-masing 17 PMI pada 3 Mei 2021 di Pnom Penh dan 59 PMI pada 8 Mei 2021 di Chrey Thum.

"Dalam proses wawancara yang dilakukan KBRI Pnom Penh, terdapat dugaan kuat mereka merupakan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) melalui cara penipuan, ancaman denda dan penyekapan. Perusahaan tempat PMI bekerja juga tidak merespon positif komunikasi yang dilakukan KBRI Phnom Penh," mengutip laman Kemlu RI, Sabtu (8/5/2021).

Saat ini, para WNI dalam keadaan sehat dan telah menjalani protokol kesehatan berupa tes PCR dan sedang menjalani karantina 14 hari di lokasi aman. KBRI Phnom Penh berkoordinasi dengan Kepolisian Nasional Kamboja selanjutnya menindaklanjuti kasus ini sesuai hukum setempat.

"Kemlu dan KBRI Phnom Penh terus mengawal kasus ini termasuk pemenuhan hak-hak para PMI dan memfasilitasi pemulangan mereka ke Indonesia. Kemlu juga akan berkoordinasi dengan aparat penegak hukum Indonesia untuk penindakan hukum terhadap pihak-pihak yang bertanggungjawab memberangkatkan para PMI ke Kamboja."

Editor: Gokli