Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Anis Matta Apresiasi Kerja Teritorial Wilayah dalam Merekrut Anggota Baru Selama Pandemi
Oleh : irawan
Selasa | 13-04-2021 | 10:04 WIB
anis_rakornas1b.jpg Honda-Batam
Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengapresiasi hasil kerja jaringan teritorial dalam merekrut anggota baru selama masa pandemi Covid-19 dengan melakukan adaptasi budaya digital.

Hingga April 2021, anggota Partai Gelora sudah melampaui angka 100 ribu dan diharapkan pada September mendatang mencapai 1 juta anggota.

"Proses rekruitmen anggota, 68 persen ternyata bersumber dari jaringan teritorial. Saya mengapresiasi seluruh teman teman wilayah dalam pencapaian target ini," kata Anis Matta dalam keterangannya, Senin (12/4/2021).

Hal itu disampaikan Anis Matta saat memberikan arahan dalam Rakornas ke-6 Partai Gelora Indonesia, Minggu (11/4/2021) yang dihadiri fungsionaris DPN, DPW dan DPD se-Indonesia.

Anis Matta berharap hasil tahapan fase pengembangan ini bisa menjadi lompatan besar bagi Partai Gelora dalam pemenangan Pemilu 2024.

"Dari profiling pendaftar itu, 63 persen usianya 18-44 tahun. Artinya tingkat penerimaan narasi kekuatan lima dunia mendapatkan sambutan luar bisa," katanya.

Namun, Partai Gelora tidak hanya membangun kekuatan narasi saja, tetapi juga membuat kekuatan riil teritorial di lapangan. Sehingga Partai Gelora di harapkan tumbuh besar dan menjadi catatan sejarah dalam Pemilu 2024.

"Dalam bekerja, kita pertama harus membangun rangka tulang, mengisi tulang dengan daging dan mengubahnya menjadi otot. Jika semuanya sudah terbentuk, kita bersiap target baru lebih besar lagi, mencapai lompatan besar lainnya," tandas Anis Matta.

Sekretaris Jenderal Partai Gelora Indonesia Mahfuz Sidik mengungkapkan, dalam fase pengembangan selama satu tahun ini yang akan berahir pada April 2021, Partai Gelora telah berhasil membentuk 100 persen kepengurusan DPW dan DPD.

"Sementara di kepengurusan DPC baru 5.163 atau 71 persen, tinggal 29 persen lagi. Saat mendaftar di Menkumham kita belum punya PAC, sekarang sudah ada 2.576 PAC karena memang jumlah kelurahan dan desanya banyak, mencapai 83 ribu. Sampai April kita bisa selesaikan 100 persen DPC," katanya.

Dalam rekruitmen anggota, menurut Mahfuz, pada tahun pertama Partai Gelora mentargetkan 1.028.000 anggota dari 514 kabupaten/kota atau DPD, dimana setiap DPD ditargetkan 2.000.

"Alhamdulillah kita telah memecahkan target 108.211 anggota. Ini bukan pecah telor, tapi pecah toples. Anggota terbanyak dari Jawa Timur, disusul Jawa Barat, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan. Mudah-mudahan target 514 ribu anggota bisa tercapai sampai akhir April ini," katanya.

Ketua Bidang Rekruitmen Anggota Partai Gelombang Rakyat Indonesia Endy Kurniawan menambahkan, keanggotaan Partai Gelora terus menunjukkan pertumbuhan antara 1.500-2.000 orang bergabung.

"Kalau Sekjen tadi nyebut anggota mencapai 108.211 anggota, itu data pagi hari, siangnya sudah mencapai 109.099 anggota. Salah satunya di sumbang 1 persen dari program 'Member Get Member'," kata Endy.

Endy mengatakan, program 'Member Get Member' berhasil menyumbang sekitar 1.000 anggota baru selama sepekan ini yang dilakukan oleh 101 anggota dalam melakukan perekrutan.

"Bagaimana kalau kita menggerakkan 1 juta anggota tentu akan lebih banyak lagi yang akan bergabung. Program Member Get Member ini meringankan kerja fungsionaris," katanya.

Program Member Get Member ini dilakukan dengan tiga cara, yakni offline, semi offiline dan online.

"Anggota yang berhasil merekrut nanti akan diberi reward uang elektonik dalam bentuk pulsa mencapai Rp 1 juta," katanya.

Endy mengatakan, anggota Partai Gelora yang berakhir direkrut merupakan usia produktif, dimana 38 persen perempuan, dan 62 persen laki-laki.

"Ini juga membuktikan bahwa Partai Gelora konsen pada perempuan. Perempuan dibawa mbak Ratih Sanggarwati (Ketua Bidang Perempuan) bisa menarik banyak perempuan bergabung ke Partai Gelora," pungkasnya.

Editor: Surya