Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tips Sederhana Amankan Motor dari Maling
Oleh : Redaksi
Rabu | 07-04-2021 | 11:48 WIB
maling_motor_ilustrasi11.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih banyak terjadi. Umumnya, para pencuri ini mengincar sepeda motor yang mudah dibawa kabur dengan cepat.

Bahkan, hanya dalam hitungan detik pencurian sepeda motor bisa saja terjadi. Technical Service Function (TSF) Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang PT Wahana Makmur Sejati (WMS) memberikan tips ringan mengamankan motor dari aksi curanmor. Apa saja?

"Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya," kata Mukti, Instruktur TSF Wahana dilansir detiknews.com, Rabu (7/4/2021).

Menurutnya, saat ini maling motor semakin canggih dalam menyikapi perkembangan teknologi keamanan standar pabrikan. Untuk itu, peran dari pemilik kendaraan sendiri diperlukan.

Meski seluruh sepeda motor khususnya Honda telah dilengkapi keamanan kunci dengan penambahan tutup magnet lubang kunci, hal ini tidak mempersulit pencurian kendaraan motor yang hanya dilakukan dalam hitungan detik.

Saran Mukti, sebaiknya saat parkir setang motor dibelokkan ke sebelah kanan, yang biasanya dibelokkan ke kiri. Soalnya, membalikkan setang motor ke arah kanan bisa menambah waktu pencurian. "Namun tetap dapat diakali oleh pencuri," katanya.

Lalu bagaimana dengan motor yang menggunakan sistem keyless? Bisa jadi pencuri motor telah mempelajarinya. Disebutkan, motor dengan sistem keyless bisa dilakukan pencurian dengan cara memalsukan sinyal sistem. Ketika meminjamkan motor, usahakan peminjam tidak mengetahui nomor pin (barcode) bawaan untuk menekan kemungkinan pencurian dengan menggunakan operasional darurat.

"Jalan terbaik demi mengamankan sepeda motor, perlu ketelitian dan rasa waspada pemilik kendaraan," tambah Mukti.

Perhatikan kondisi keamanan lingkungan ketika meninggalkan motor dalam jangka waktu cukup lama. Tambahkan beragam kunci pengaman yang bisa dibeli di bursa otomotif baik berupa kunci disc, kunci handle rem, bahkan gembok yang dapat diaplikasikan di gear bagi sepeda motor yang menggunakan rantai demi mencegah pencurian sepeda motor.

Menurut Mukti, kewaspadaan dari pemilik motor adalah 'kunci' yang terbaik ketika meninggalkan sepeda motor di suatu lokasi dan dalam jangka waktu yang lama.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha