Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lapas Batam Gelar Razia Rutin Cegah Peredaran Narkotika
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 25-03-2021 | 11:22 WIB
kalapas-batam12.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kalapas Batam, Dannie Firmansyah. (Irwan Hirzal/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Batam di Tembesi terus melakukan razia rutin di blok narapidana untuk mengantisipasi pengendalian dan peredaran narkotika.

Hal ini diungkapkan Kalapas Batam, Dannie Firmansyah, saat dimintai tanggapan terkait pengungkapan kasus peradaran narkoba jaringan Lapas Narkoba Tanjungpinang, yang melibatkan anggota Polres Tanjungpinang Briptu KIN.

"Praktek pengendalian narkotika oleh napi itu berawal dari handphone. Jadi kita razia di dalam Lapas setiap hari untuk menimalisir adanya hal tersebut," ujar Dannie kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (25/3/2021).

Bahkan, kata Dannie, razia di blok napi bisa dilakukan dua hingga tiga kali dalam sehari, apabila ada informasi atau laporan dari sipir atau sifatnya identisial.

"Umumnya razia blok sekali sehari. Tapi kalau ada laporan bisa dua sampai tiga kali. Tidak hanya kamar napi, kita juga menerapkan pemeriksaan setiap petugas yang masuk," ujarnya.

Dannie menambahkan, jajaran Lapas Batam selalu berkomitmen dalam membantu aparat kepolisian dan BNN dalam mengungkap dan memberantas narkotika di dalam Lapas. Pasalnya, pemberantasan narkotika merupakan program Presiden, dan Lapas siap mendukung program tersebut.

"Kemarin kita sudah deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Lapas Batam siap memberantas peredaran narkotika," pungkasnya.

Editor: Yudha