Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Menpan RB Ajak Seluruh ASN dan TNI-Polri Lawan Hoaks
Oleh : Irawan
Senin | 22-03-2021 | 08:53 WIB
tjjahjo_kumolo_menpan_b2.jpg Honda-Batam
Menpan RB Tjahjo Kumolo (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menilai berita hoaks yang beredar sudah begitu meresahkan. Tjahtjo pun pengajak mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk jajaran TNI dan Polri, untuk melawan hoaks.

"Saya selaku Menpan RB mengajak kepada seluruh teman-teman ASN termasuk jajaran TNI dan Polri khususnya jajaran staf dan pimpinan di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk melawan hoaks," kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/3/2021).

Tjahjo menjelaskan, berita tidak benar yang berisi ujaran kebencian dan hasutan kini beredar dengan mudah disebar, terutama lewat dunia maya. Dia menekankan, agar semua pihak perlu mewaspadai hasutan yang berisikan kebencian tersebut.

Ini karena berita hoaks itu sangat berbahaya karena dapat mengancam kesatuan dan persatuan masyarakat serta bisa memicu konflik antar kelompok masyarakat. Bahkan lebih jauh, mengancam keberagaman dan keutuhan NKRI itu sendiri.

"Karenanya seluruh ASN harus waspada terhadap hasutan-hasutan yang berisi ujaran kebencian," ujarnya.

Tjahjo mengingatkan, masyarakat memang dijamin konstitusi untuk menyuarakan pendapatnya. Namun, kebebasan berpendapat itu jangan disalahgunakan, dengan bebas mencaci maki, saling menghujat, saling menghina atau saling mencemarkan nama baik di ranah publik. Terlebih, menghasut orang lain untuk saling membenci terhadap kelompok masyarakat lainnnya.

Editor: Surya