Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TKI Deportasi Dipulangkan ke Daerah Asal Lewat Jakarta
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Rabu | 13-06-2012 | 16:23 WIB

BATAM, batamtoday - 15 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi dari Malaysia serta tiga warga Bandung yang kabur dari agen TKI di kirim ke Jakarta oleh Dinas Sosial untuk dipulangkan ke daerah masing-masing, Rabu (13/6/2012) siang menggunakan KM Kelud dari Pelabuhan Beton Sekupang.

 

"Tadi sudah kita pulangkan mereka naik KM Kelud. Mereka dikirim ke Jakarta dulu, baru dari sana akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing," ujar Febrina, pendamping TKI kepada batamtoday.

Dijelaskan Febrina, dari 21 orang TKI yang dikirim ke Batam, enam orang diantaranya dijemput langsung oleh keluarganya dari shelter setelah melalui prosedur yang ditentukan. Selebihnya 15 TKI lagi yang dipulangkan. Termasuk tiga warga Bandung yang kabur dari tempat agen penampungan sebelum dikirim ke Malaysia. 

"Enam orang dijemput keluarga, 15 orang dikirim ke Jakarta serta 3 orang yang kabur dari agen penampungan TKI yang kemarin juga ikut dipulangkan," terangnya. 

Diberitakan sebelumnya, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kembali dideportasi dari Malaysia. Kali ini 21 TKI dipulangkan dan ditampung di Shelter Dinas Sosial dengan beragam masalah, ada yang sering dipukuli oleh majikan, gaji yang tidak pernah dibayar hingga mengalami depresi karena mendapat tekanan dari majikannya. 

Senin (11/6/2012) Pukul 13.00 WIB sebanyak 21 TKI yang terdiri dari 2 balita, 4 pria dan 15 orang perempuan tiba di shelter Dinsos yang dijemput dari Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre. Mereka berasal dari Kupang, Aceh, Jawa Timur, Jawa Barat dan ada yang berasal dari Kepri.