Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

CCTV Botania Bongkar Aksi Ayik Curi Motor
Oleh : Ali/Dodo
Rabu | 13-06-2012 | 15:57 WIB

BATAM, batamtoday - Ayik  Mastofuddin (36) tertangkap oleh warga dan sekuriti Perumahan Botania Garden karena membawa kabur sepeda motor Yamaha Mio  BP 5648 GF milik Ely di depan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Botania. 

Ayik pada saat menjalankan aksinya sebetulnya membawa sepeda motor miliknya. Namun karena melihat kunci kontak Yamaha Mio milik Ely yang masih tergantung. 

Merasa ada kesempatan, Ayik lantas menyikat motor milik Ely kemudian melarikannya ke Kawasan Industri Tunas. Ayik pun akhirnya kembali lagi ke Botania untuk mengambil sepeda motornya.

Warga dan sekuriti yang curiga dengan Ayik lantas mencoba mengamankan pria itu karena diyakini sebagai pencuri motor Ely. Ayik kemudian lari ke rumahnya yang letaknya tak jauh dari Plaza Botania. 

"Saya tidak maling. Saya lari karena orang semua melihat ke arah saya, makanya saya takut," kata Muslidin, salah satu petugas sekurit Botania menirukan ucapan Ayik malam itu. 

Puluhan warga yang telah mengerumuni rumah pelaku, tidak begitu saja percaya. Akhirnya petugas sekuriti dengan disaksikan puluhan warga sepakat membuka rekaman CCTV di Plaza Botania. Sementara Ayik dijaga dirumahnya untuk menghindari amukan massa. 

"Begini saja, agar jelas dan tidak ada salah paham, lebih baik kita buka rekaman CCTV ," ujarnya menceritakan. 

Setelah warga dan petugas sekuriti memutar kembali rekaman CCTV, tampaklah Ayik yang membawa kabur sepeda motor tersebut. Akhirnya Ayik digiring oleh polisi ke Mapolsek Batam Kota. 

Kanit Reskrim Polsek Batam Kota, Iptu Mangiring Hutagaul membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya karena ada kesempatan lantaran kunci tergantung di sepeda motor maka imbul niat Ayik untuk membawa lari sepeda motor tersebut. 

"Sepeda motor itu ditaruh di Kawasan Industri Tunas, sementara pelaku kembali untuk mengambil sepeda motornya dari Tunas menuju Botania menggunakan angkutan umum," ujarnya. 

Kini Ayik ditahan di Mapolsek Batam Kota untuk proses hukum lebih lanjut.